4 Jenis perawatan alami untuk aneka masalah kulit di berbagai usia

fokusmedan : Kaum wanita kerap mengalami masalah kulit dari waktu ke waktu. Seiring pertambahan umur, masalah kecantikan yang dialami pun ikut berubah.

Berikut ini ditampilkan berbagai masalah kecantikan paling umum yang dihadapi wanita dari berbagai usia serta bahan-bahan alami yang ampuh untuk mengatasinya.

18-20 tahun

Di usia-usia seperti ini, jerawat adalah masalah kecantikan yang paling sering dialami. Selain hormon yang belum seimbang dan perawatan yang belum tepat, aktivitas yang tinggi juga menyebabkan kulit kerap terpapar polusi.

Untuk mengatasi masalah ini, teh hijau bisa menjadi bahan alami yang cocok untuk merawat wajah. Silakan pilih rangkaian produk perawatan kulit yang mengandung green tea atau tea tree oil.

Minum teh hijau secara teratur juga bisa membuat kulitmu mendapatkan manfaat antioksidan dari catechin teh hijau.

Sering-sering mengonsumsi makanan yang difermentasi seperti yogurt, tapai, dan kimchi juga baik untuk mengatasi jerawat dari dalam. Tetapi hindari produk fermentasi yang mengandung tambahan gula dalam jumlah banyak, ya.

20-25 tahun

Bila kamu berusia awal 20-an, jerawat mungkin sudah bukan menjadi masalah utamamu. Namun jerawat dan paparan sinar matahari menimbulkan flek-flek yang semakin kentara di wajahmu.

Buah-buahan yang tinggi kandungan vitamin C dan E seperti lemon dan apel bisa membantu memudarkan flek-flek tersebut. Sebagai gantinya, kamu juga bisa mulai menggunakan serum yang mengandung konsentrat vitamin C atau vitamin wajah sebelum tidur.

Sering-sering mengonsumsi sayuran dan buah juga akan memperbaiki kemampuan kulit dalam melawan pengaruh merusak paparan sinar matahari yang bisa menyebabkan flek.

Usia 30-an

Seiring bertambahnya usia, kulit cenderung menjadi kering dan kusam. Penting untuk mengelupas kulit mati secara teratur. Pilih produk dengan eksfoliator lembut seperti yogurt atau scrub yang mengandung AHA.

Gunakan masker dari bahan-bahan pelembap yang kaya nutrisi seperti madu dan minyak zaitun. Minyak biji anggur juga bisa digunakan, terutama jika kulitmu tergolong sensitif.

Usia 40-an

Produksi kolagen melambat di usia 40-an, membuat kulit kehilangan elastisitasnya. Kulit menjadi lebih kering dan keriput semakin kentara. Penting untuk mengonsumsi makanan kaya vitamin A yang akan merangsang produksi kolagen dan membuat kulit tampak lebih halus.

Bahan-bahan alami seperti lidah buaya, putih telur, dan kunyit sebaiknya mulai digunakan untuk masker. Terutama kunyit yang kaya akan antioksidan anti-penuaan.

Demikian bahan-bahan alami untuk aneka masalah kulit di berbagai usia.(yaya)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *