5 Cara isi waktu libur bermanfaat sambil menunggu buka puasa

fokusmedan : Waktu berbuka puasa sangat dinanti oleh umat muslim yang menjalankan puasa. Tentu saja mereka ingin segera melepas lapar dan dahaga setelah seharian berpuasa. Tapi terkadang waktu tersebut terasa lama, apalagi ketika sedang libur bekerja atau akhir pekan.

Oleh karena itu, sebaiknya waktu libur dimanfaatkan dengan melakukan kegiatan positif di rumah dibandingkan hanya bermalas-malasan. Kegiatan positif ini tentunya akan membuat waktu berjalan terasa cepat seperti ketika berada di kantor.

Ada beberapa kegiatan yang bakal mengusir rasa bosan saat menunggu buka puasa di rumah:

1. Membaca Alquran

Selain bernilai ibadah, membaca Alquran juga akan membuat waktu terasa cepat ketika menunggu waktu berbuka puasa. Sebab, ketika libur lebih banyak waktu luang untuk membaca Alquran. Tak hanya usai waktu salat, tapi pada waktu lainnya dapat dipergunakan membaca Alquran.

Hal ini pun dilakukan oleh Rasulullah SAW, di mana hari-harinya saat bulan Ramadan beliau habiskan dengan beribadah. Sebab seperti diketahui, semua ibadah yang dilakukan pada bulan Ramadan akan mendapat pahala yang berlipat.

2. Membaca buku

Membaca buku salah satu cara mengusir bosan menunggu buka puasa saat libur di rumah. Bacaan-bacaan yang bermanfaat tentu akan menambah pengetahuan. Lantaran ini bulan Ramadan, alangkah baiknya bila buku yang dibaca ialah buku tentang keagamaan.

Hal itu supaya seseorang lebih memperdalam ilmu agamanya. Membaca buku pun bisa dilakukan setelah membaca Alquran. Jadi waktu libur di rumah akan terasa seperti hari kerja karena ada kegiatan yang menyita.

3. Memasak

Hari libur akan terasa seru bila melakukan kegiatan di rumah, seperti memasak. Ketika bulan Ramadan biasanya banyak menu yang ingin disajikan. Oleh karena itu masak ialah salah satu kegiatan yang tepat untuk mengisi waktu sambil menunggu buka puasa. Memasak juga cara gampang menghilangkan rasa bosan di hari libur.

4. Mengobrol bersama keluarga

Mengobrol bersama keluarga menjadi cara untuk mengusir rasa bosan menunggu waktu berbuka puasa. Tentunya topik yang dibicarakan ialah memiliki manfaat bukan gunjingan. Misalnya saja obrolan tentang agenda di hari raya, soal pekerjaan atau sekolah.

Mengobrol juga menjadikan lebih dekat dengan keluarga. Di mana pada hari-hari biasa orang akan lebih sedikit waktu mengobrol karena kesibukan masing-masing.

5. Membersihkan rumah

Kegiatan membersihkan rumah juga salah satu kegiatan yang dapat menghabiskan waktu. Tapi pada bulan Ramadan ini lakukan kegiatan tersebut yang tidak terlalu menguras tenaga.

Contohnya mengelap pajangan-pajangan rumah atau merapikan pakaian di lemari. Hal ini pun menyita waktu dan tak terasa waktu berbuka pun tiba.(yaya)

One thought on “5 Cara isi waktu libur bermanfaat sambil menunggu buka puasa

  • 22 Juni 2017 at 16:51
    Permalink

    I’m extremely inspired together with your writing skills as neatly as with the format on your blog. Is this a paid topic or did you customize it your self? Anyway keep up the nice high quality writing, it’s rare to look a great weblog like this one nowadays..
    [url=http://www.ayacara.org/category/news-media/crime/]Maglia Real Madrid Bambino[/url]

    Reply

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *