Ming. Des 15th, 2019

8 Cara Menghilangkan Rasa Takut Berlebih

fokusmedan : Cara menghilangkan rasa takut berlebihan harus benar-benar di pahami oleh milenial. Hal ini akan menekan potensi gangguan kesehatan mental pada anak muda, karena mereka akan lebih bisa mengendalikan dirinya saat merasa cemas. Semua orang pasti pernah mengalami rasa takut dan cemas. Cemas merupakan reaksi normal yang ditimbulkan akibat stres.

Kondisi ini sebenarnya merupakan hal yang normal pada setiap orang. Namun, jika rasa takut tersebut sudah berlebihan hal ini perlu di waspadai terhadap dampak buruk gangguan mental dari ketakutan berlebih.

Cara menghilangkan rasa takut berlebihan harus benar-benar di pahami oleh milenial. Hal ini akan menekan potensi gangguan kesehatan mental pada anak muda, karena mereka akan lebih bisa mengendalikan dirinya saat merasa cemas. Semua orang pasti pernah mengalami rasa takut dan cemas. Cemas merupakan reaksi normal yang ditimbulkan akibat stres.

Kondisi ini sebenarnya merupakan hal yang normal pada setiap orang. Namun, jika rasa takut tersebut sudah berlebihan hal ini perlu di waspadai terhadap dampak buruk gangguan mental dari ketakutan berlebih.

Gejala Ketakutan Berlebih

  • Mudah marah
  • Selalu gelisah
  • Mudah lelah
  • Gangguan tidur
  • Otot terasa tegang
  • Selalu merasa sakit hati
  • Tangan dan kaki terasa dingin, berkeringat, mati rasa, atau kesemutan
  • Jantung berdebar- debar
  • Mual dan pusing

Belum diketahui secara pasti penyebab dari gangguan ketakutan ini. Namun di kutip dari laman Alodokter beberapa penelitian mengatakan bahwa hal ini bisa di karenakan gabungan beberapa faktor seperti genetik, lingkungan, psikologis, dan riwayat tumbuh kembang seseorang.

Cara Menghilangkan Rasa Takut Berlebih
Menenangkan Diri

Kita perlu pikiran yang santai dan rileks untuk mengatasi sebuah ketakutan. Maka, hal pertama yang bisa di lakukan adalah menenangkan diri sendiri secara fisik dan mental sebisanya.

Kendalikan Stres

Ketakutan biasanya datang bersama dengan stres. Untuk itu coba alihkan perhatian diri dengan melakukan aktifitas yang mampu mengusir stres.

Bayangkan Hal Terburuk Bisa Terjadi

Dengan membayangkan hal terburuk yang bisa terjadi, maka kita akan lebih realistis dalam menghadapi masalah ketakutan. Secara tidak langsung, otak akan mulai mengenali ancaman tersebut sehingga mendorongnya untuk lebih siap menghadapinya.

Kiat Sehat Mengendalikan Stres dan Takut

  1. Menjalani pola makan yang sehat
  2. Berolahraga teratur karena dapat melepaskan zat kimia otak untuk mengurangi stres
  3. Kurangi makanan dan minuman yang mengandung kafein dan karbonasi
  4. Tidur tepat waktu
  5. Hindari minuman beralkohol, obat-obatan terlarang dan juga rokok