NASIONAL

Airlangga tak jamin kader Golkar bebas korupsi

fokusmedan : Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto tidak mau berkomentar terkait ada beberapa peserta Pilkada diduga melakukan tindak pidana korupsi. Dia berharap kadernya yang maju dalam Pilkada 2018 bisa meningkatkan integritas dan tidak melanggar hukum.

“Kan Golkar sudah membuat acara dengan KPK, di mana kami mengingatkan kepada kepala daerah, maupun kepada mereka yang maju di dalam Pilkada bahwa diharapkan bisa meningkatkan integritasnya,” katanya ditemui usai melakukan rapat terbatas bersama Presiden Joko Widodo di Kantor Kepresidenan, Jakarta Pusat, Kamis (6/3).

Dia mengaku tidak bisa menjamin jika kadernya terciduk oleh pihak KPK. Namun menurutnya jika ada kadernya yang tertangkap KPK pihaknya akan mengambil tindakan tegas.

“Kalau pribadi-pribadi siapa yang bisa jamin, tapi kita sudah punya fakta integritas, bahwa begitu ada persoalan tentu dri pihak dpp akan mengambil tindakan segera,” tegasnya.

Kemudian Airlangga juga mempersilakan KPK jika ingin mengumumkan siapa saja para calon kepala daerah yang terkena radar korupsi. Dia hanya mengingatkan KPK agar memberitahukan hal tersebut dengan ketentuan hukum yang berlaku.

“Ya itu silakan, itu kewenangannya KPK asal dilakukan sesuai dengan perundangan berlaku,” kata Airlangga.

Diketahui sebelumnya, Ketua KPK Agus Rahardjo mengatakan, ada beberapa peserta Pilkada yang masuk daftar KPK yang diduga melakukan tindak pidana korupsi. Sayangnya, dikutip dari merdeka.com, dirinya enggan untuk membeberkan siapa saja nama-nama yang masuk dalam daftar pihaknya itu.

“Ya itu aja, saya enggak boleh nyebutkan nama dulu, saya enggak boleh nyebutkan nama dulu kan. Ada beberapa yang sekarang running di pilkada itu terindikasi sangat kuat, mereka melakukan korupsi di waktu-waktu yang lalu,” kata Agus di Ancol,Jakarta Utara, Selasa (6/3).(yaya)