NASIONAL

Akibat cuaca panas, Aceh diselimuti kabut usai turun hujan

fokusmedan : Kabut muncul di Banda Aceh dan Aceh Besar secara tiba-tiba sejak tadi sore membuat jarak pandang terbatas. Diperkirakan jarak pandang hanya sekitar 200 meter.

Kemunculan kabut asap ini sejak tadi pukul 18.00 WIB setelah hujan gerimis turun di Banda Aceh sejak pukul 15.00 WIB. Kabut asap semakin pekat terlihat menjelang magrib pada pukul 19.40 WIB.

Baru kemudian kabut asap berangsur berkurang setelah hujan kembali turun pada pukul 20.15 WIB di Banda Aceh. Meskipun demikian, kabut asap masih saja masih terlihat, meskipun sudah mulai berkurang.

Menyikapi fonemena alam ini, dikutip dari merdeka.com, Kasi Data dan Indormasi BMKG Aceh, Zakaria menjelaskan, kabut pekat itu terjadi setalah Banda Aceh dan Aceh Besar lama cuaca cerah dengan suhu udara yang panas.

“Sore puku 15.00 WIB Banda Aceh dan Aceh Besar diguyur oleh hujan ringan dan menimbulkan kabut seperti kabut asap,” kata Zakaria, Minggu (27/8) via telepon genggamnya.

Kata Zakaria, kalau dilihat dari satelit tidak terpantau adanya asap. Dari itu ia memperkirakan itu bukan asap, tapi penguapan yang terjadi akibat permukaan bumi yang sudah lama menerima panas. Sehingga suhu permukaan tanah yang lebih panas dari biasanya dan kemudian disiram air hujan maka akan terjadi penguapan.

“Akibat penguapan itulah terjadinya kabut,” jelasnya.

Hal ini biasanya tidak bertahan lama, sebutnya, paling lama 2 – 3 jam ketika suhu permukaan tanah dan suhu udara permukaan stabil, maka kabut akan hilang sendiri.(yaya)