Ming. Sep 22nd, 2019

Alibaba Tampilkan Semangat Inovasi di Taobao Maker Festival 2019

fokusmedan : Alibaba Group kembali menggelar Taobao Maker Festival (TMF) tahun ini. Kegiatan tahunan ini akan berlamgsung dari tanggal 10 sampai 14 September di Hangzhou Boiler Factory dan West Lake, Hangzhou, China. Patform kewirausahaan dan inovasi terbesar di China ini sudah memasuki tahun keempat penyelenggaraan, dan sudah menjadi acara unggulan dalam ekosistem Alibaba.

“Tahun ini, Taobao Maker Festival akan menampilkan semangat wirausaha dan inovasi dari para pedagang dan desainer, di mana semangat ini juga merupakan tren yang sedang berkembang pesat di kalangan Generasi Z dan konsumen muda di Tiongkok,” kata Director Corporate Affairs Alibaba Group, Dian Safitri kepada wartawan di Hangzhou, Senin (10/9).

Skala dan keberagaman produk dari TMF terus bertumbuh, begitu juga dengan kekuatannya untuk menginspirasi dan perannya sebagai platform penemuan baru bagi ekonomi Alibaba.

Di TMF 2019 setidaknya terdapat kurang lebih 1.000 produk baru yang akan dipamerkan. Venue utama TMF, yaitu di Hangzhou Boiler Factory, akan dibagi menjadi enam zone khusus dengan tema: teknologi, budaya Tiongkok, tren, desain, makanan dan produk kreatif.

Sementara itu, dikutip dari merdeka.com, venue kedua di West Lake akan menjadi tempat penyelenggaraan Broken Bridge Fashion Show pada tanggal 12 September, dan pameran warisan budaya di Solitary Hill pada tanggal 12-17 Sept 2019.

Tahun lalu, penyelenggaraan fashion show menciptakan gebrakan baru untuk festival Taobao. Mengikuti kesuksesannya, TMF tahun ini akan menampilkan fashion show yang lebih glamor, dan memberikan panggung utama untuk tren fashion Generasi Z.

Berbagai karya dan produk limited edition dari desain ternama di dunia dan desainer independen dari China akan dipamerkan untuk pertama kali. “Acara peragaan busana akan dibagi menjadi tiga bagian, yaitu Z Design, Z Lifetyle, dan Z Culture,” jelasnya.

Selama festival Taobao berlangsung, sekitar 1.000 produk limited edition akan dijual secara eksklusif. Di antanya produk manufaktur baru berupa sepatu olahraga yang terbuat dari percetakan 3D (LuxCreo).

Selanjutnya rasa baru es krim dengan rasa minuman Maotai (cuka cokelat). Teknologi baru berupa makanan masa depan (daging vegan), transportasi masa depan (kendaraan bawah air), pendidikan masa depan (DJI RoboMaster) dan hiburan di masa depan (sarung tangan pijat hewan peliharaan berbasis cloud).

Sedangkan produk unggulan yang akan ditampilkan adalah Long March Rocket: Prototipe dari roket ini akan dipamerkan di area outdoor Innovation Plaza. Produk yang akan debut di Taobao Maker Festival 2019 ini merupakan jimat keberuntungan yang terbuat dari puing-puing roket.

Robosea: Sering disebut ‘Underwater DJI’, Robosea telah membuka toko di Taobao dan akan menunjukkan bagaimana Roboshark berenang dan membantu navigasi di dalam air.

GreenMonday: Berasal dari Hong Kong, badan sosial GreenMonday akan menyiapkan hidangan kepada para pengunjung setiap hari untuk mencicipi daging vegan. GreenMonday mengadakan peluncuran di Taobao sebagai titik awal penetrasi ke pasar Tiongkok.(yaya)