Antisipasi kecelakaan, pendidikan lalulintas diajarkan sejak dini

fokusmedan : ‎Pengamat Pendidikan Mutsyuhito Solin menilai, ilmu pendidikan berlalulintas perlu dimasukan dalam kurikulim. Hal itu guna mengajarkan anak sedini mungkin tentang berlalulintas untuk menekan angka kecelakaan yang tinggi di Medan, Sumut.

“Saya setuju, apabila pendidikan berlalulintas dimasukan dalam kurikulum. Tapi pelajaran ini dimasukan dalam integrasi karakter atau pelajaran tambahan,” ungkap Mutsyuhito kepada fokusmedan.com, Jumat (11/8).

Dia menilai, pendidikan berlalulintas sangat penting bagi anak. Mengingat tingginya angka kecelakaan hingga menelan korban jiwa.

“Kita mulai mengajarkan anak sedini mungkin. Agar anak mengetahui bagaimana pendidikan berlalulintas yang benar,” jawab pengamat pendidikan dari Universitas Negeri Medan ini.

Bukan hanya itu, pelajaran pendidikan berlalulintas juga harus disertakan dengan praktik.

“Pengetahuan, sikap dan keterampilan. Ketiga hal ini harus menyatu, agar si anak benar-benar memahami tentang berlalulintas,” bebernya..

Sebut dia, sekolah diharapkan dapat mensosialisasikan pendidikan tentang aturan berlalulintas.

“Karena sekolah sangat efektif. Selain itu keluarga juga diharapkan dapat mengawasi anak ketika turun ke jalanan dengan membawa kendaraan,” tandasnya.(rio)

Comments are closed.