Ming. Sep 22nd, 2019

Asap kebakaran hutan di Riau turut berdampak ke Sumut

fokusmedan : Kebakaran hutan di Riau ternyata berdampak pada wilayah Sunut dan mengakibatkan sejumlah daerah dilanda kabut asap, Jumat (13/9).

Balai Besar Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BBMKG) Wilayah I Medan menyampaikan, kondisi itu terjadi, karena angin dari tenggara membawa asap kebakaran tersebut, sehingga wilayah Danau Toba dan sekitarnya termasuk Kabupaten Tapanuli Utara (Taput) menjadi ikut terpapar.

Kepala BBMKG Wilayah I Medan Edison Kurniawan menyampaikan, di Sumut sendiri, pada Kamis (12/9) lalu mendeteksi ada 20 titik panas di Kabupaten Asahan, Karo, Deliserdang, Labura, Madina, Sergai, Tapteng, dan juga Taput. Sedangkan pada Jumat (13/9) titik panas yang terpantau hanya berada di Kabupaten Tapteng.

Kabut asap kabut asap yang melanda Kota Padang Sidempuan dan juga Kabupaten Padang Lawas bahkan sudah dirasakan warga sekitar selama sepekan terakhir.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Sumut dr Alwi Mujahit Hasibuan saat dikonfirmasi mengakui, bahwa kabut asap tersebut sudah memasuki wilayah Sumut.

“Hanya saja belum berdampak buruk dan masih bisa di toleransi,” ujarnya.

Kabut asap ini juga, lanjutnya, sudah terlihat di Bandara Kualanamu dan jika kebakaran tersebut tidak diatasi, maka berdampak buruk bagi kesehatan.

“Jadi kalau perlu gunakan masker bila keuar rumah dan apabila ada hang sakit segera melapor,” pungkasnya.(riz)