Ming. Des 15th, 2019

Bakar foto mendiang raja Thailand, lima orang dicokok polisi

fokusmedan : Pihak berwenang Thailand menangkap lima orang karena diduga membakar foto mendiang Raja Bhumibol Adulyadej yang wafat tahun lalu. Para pelaku terdiri dari empat pria dewasa dan satu anak laki-laki. Mereka ditangkap Jumat lalu di Provinsi Khon Kaen, bagian timur Thailand.

Usai ditangkap, kelima orang tersebut ditahan di tahanan pangkalan Angkatan Darat di Bangkok. Tempat tersebut merupakan fasilitas yang digunakan para anggota militer sebagai penjara sementara.

Berita penangkapan tersebut diungkapkan oleh salah satu petugas kepolisian. Meski demikian, polisi enggan memberi rincian terkait pelaku dan motif pembakaran foto tersebut.

“Kasus ini masih dalam tahap proses dan sedang diselidiki saat ini,” kata seorang perwira Khon Kaen yang tidak disebutkan namanya seperti dilansir dari laman Reuters, Minggu (21/5).

Seperti diketahui, Thailand memiliki hukum yang disebut lese majeste, di mana orang yang melakukan penghinaan dalam bentuk apapun terhadap raja, pewaris kerajaan, dan bupati akan diberikan hukuman penjara selama 15 tahun.

Bhumibol sendiri merupakan raja yang telah memimpin negara selama tujuh dekade. Dia adalah sosok pemimpin yang dipuja oleh rakyatnya karena dianggap sebagai pemersatu bangsa di tengah krisis politik ‘berdarah’ di Thailand pada 1973 dan 1992.

Setelah wafat, dikutip dari merdeka.com, posisi raja digantikan putranya Raja Maha Vajiralongkorn (64). Raja Maha dikenal sebagai sosok nyentrik yang seringkali menimbulkan kontroversi. Dia juga dianggap sebagai playboy karena berkali-kali menikah.(yaya)