Uncategorized

Bank Mandiri prediksi inflasi 2018 berada di kisaran 4 persen

fokusmedan : Ekonom Bank Mandiri, Anton H. Gunawan, mengatakan pihaknya memprediksi inflasi tahun ini akan berada di kisaran empat persen. Sementara, pemerintah menargetkan dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara, angka inflasi berada di 3,5 persen. Hal ini disampaikan dalam ‘Indonesia Economic dan Market Outlook Q2/2018’.

“Ekspektasi inflasi setahun ke depan kita naikkan ke arah 4 persen,” ungkapnya di Plaza Mandiri, Jakarta, Kamis (17/5).

“Dengan catatan belum memasukan kemungkinan perubahan dalam administered price misalnya harga BBM. Karena melihat situasi di pemilu nanti dan harga minyak dunia yang tinggi dan kita agak tinggi asumsinya dalam (APBN) USD 48 per barel sedangkan (harga minyak) Brent sudah USD 70-an per barel,” tambahnya.

Dikutip dari merdeka.com, Anton masih meyakini bahwa pemerintah bisa menjaga inflasi pada 2018 dalam angka yang stabil dengan berbagai kebijakan yang dikeluarkan. “Inflasi rendah dan banyak program termasuk di dalamnya administered price berusaha dijaga supaya tidak naik. Sasarannya masyarakat yang pendapatan rendah tidak berkurang daya belinya,” ujarnya.

Meski demikian, pemerintah harus memperhatikan harga komoditas yang berangsur-angsur naik. Di mana harga komoditas tersebut akan mempengaruhi beban pada Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN).

“Tapi dengan meningkatnya harga komoditi terutama minyak kita harus lebih waspada karena beban meningkat. Kalau beban tidak dimunculkan pada subsidi di anggaran, keliatannya relatif aman. Tetapi ada beban yang di shift ke BUMN itu yang perlu dicermati,” tandasnya.(yaya)