Uncategorized

Bawaslu siap mediasi 7 partai yang tak lolos verifikasi faktual

fokusmedan : Anggota Bawaslu Mochammad Afifuddin mengatakan, pihaknya siap menerima keberatan dari tujuh partai politik gagal lolos penelitian administrasi untuk Pemilu 2019. Bawaslu akan melakukan mediasi terlebih dahulu kepada 7 partai itu.

Tujuh partai politik yang dinyatakan gagal lolos tahap verifikasi faktual antara lain PPPI, PIKA, Partai Bhinneka, Parsindo, Partai Republik, Partai Idaman dan Partai Rakyat.

“Dari sisi teknis tentu kita bersiap untuk menerima aduan dari partai yang tidak lolos. Yaitu dihitung 3 hari di hari kerja dan kini kami sedang bersiap. Tentu mekanismenya kita akan memediasi dulu,” kata Afif di D Hotel, Setiabudi, Jakarta Selatan, Selasa (26/12).

Dikutip dari merdeka.com Afif menuturkan, jika ada kesalahan kecil dalam tahap verifikasi maka bisa diselesaikan hanya dengan KPU dan pihak partai politik. Namun, jika tidak bisa diselesaikan maka akan masuk pada proses ajudikasi.

“Ini kan mekanisme bagaimana upaya atau jalur ketika ada pihak yang tidak puas dan diatur UU,” terangnya.

Diketahui, tujuh partai dianggap tidak memenuhi persyaratan dokumen yang wajib diserahkan kepada KPU dan hasil penelitian administrasinya terhadap daftar kepengurusan partai politik di tingkat kabupaten/kota tidak memenuhi syarat.(yaya)