Ming. Jul 21st, 2019

Bea Cukai imbau penumpang gunakan Custom Declaration secara online

fokusmedan : Untuk mempermudah dan mempercepat pelayanan barang bawaan di terminal kedatangan internasional Bandara Kualanamu, para penumpang diimbau mengisi Customs Declaration (CD) secara online.

Hal ini dikatakan KPPBC TMP B Kualanamu Bagus Nugroho Tamtomo Putro melalui Kasubsi Penindakan dan Sarana Operasi Eko Pahruli kepada fokusmedan.com, Senin,(15/4).

“Aplikasinya sejak Mei 2018 lalu sudah tersedia dan dijamin lebih mudah dan tidak ribet. Penumpang hanya mengisi di ruang tunggu Bandara asal. Kemudian, setibanya di Bandara Kualanamu hanya mencocokkan pada aplikasi yang sudah ada sama petugas dan ini membuat proses pemeriksaan barang bawaan menjadi lebih cepat,” ungkapnya.

Secara teknis, lanjutnya, memang tidak ada kendala dan semua terlayani dengan baik. Namun karena penumpang saat ini relatif kurang menggunakan fasilitas online tersebut, terpaksa petugas mengarahkan pengisian CD secara manual setibanya di Bandara Kualanamu. Maka tidak heran pada jam tertentu ada antrian dengan sistem manual tersebut.

”Untuk itu kita berharap, agar para penumpang menggunakan aplikasi CD online tersebut,” pungkasnya.(putra)