NASIONAL Uncategorized

Bea Cukai Kualanamu akan luncurkan CD berbasis online

fokusmedan : Kantor Pengawasan Pelayanan Bea Cukai (KPPBC)  Tipe Madya Pabean B, Kualanamu dalam waktu dekat akan meluncurkan aplikasi khusus  pengisian Costmos Delaration (CD) sistem online. Hal ini  bertujuan lebih memudahkan penumpang untuk mengisi atas barang bawaan impor penumpang atau awak sarana pengangkut.

Kepala KPPBC TMP B, Kualanamu Bagus Nugroho Tamtomo Putro mengatakan sistemnya saat ini sudah dalam tahap pengerjaan.

“Diprediksi kalau tidak ada halangan dioperasikan paling lambat bulan Mei sudah beroperasi, tim sedang bekerja untuk menyiapkan aplikasinya” sebutnya kepada fokusmedan.com, Kamis (26/4).

Bagus  mengklaim, sistem CD ini adalah yang pertama di seluruh kantor Bea Cukai bahkan untuk bandara yang ada di Indonesia dengan tujuan agar penumpang tidak terlalu repot mengisinya seperti yang terjadi saat ini.

“Jadi, dengan adanya sistem online ini, penumpang bisa mengisinya sebelum berangkat di ruang tunggu. Cukup mengkoneksinya pada aplikasi yang suda ada,” katanya.

Perkembangan lainnya, terkait barang impor yang masuk dalam Post Border, Bea Cukai juga sudah menjalankannya sejak 1 Februari 2018 lalu.

”Prinsipnya adalah untuk memperlancar alur barang, mempermudah penggunaan barang dan tetap memenuhi dokumen perizinan yang masuk melalui Bandara Kualanamu,” tandasnya.( putra)