NASIONAL

Beri Kuliah Umum di Amerika Serikat, Sri Mulyani Pilih Naik Pesawat kelas Ekonomi

fokusmedan : Kesederhanaan selalu ditampilkan oleh Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati. Tak terkecuali dalam memilih sarana transportasi saat akan memberikan kuliah umum di Cornell University Amerika Serikat (AS) beberapa waktu lalu.

Dikutip dari unggahan Nufransa Wira Sakti, Kepala Biro Komunikasi dan Layanan Informasi Kementerian Keuangan, Minggu (14/4), Sri Mulyani tengah duduk di kabin pesawat kelas ekonomi sambil membaca.

Diketahui Sri Mulyani sedang menyiapkan seminar dengan topik Industry 4.0 and Human Capital Development.

Dalam unggahan tersebut, Nufransa menulis bahwa Menteri Keuangan Sri Mulyani selalu melakukan pengecekan terhadap berbagai kesiapan. Berikut unggahan tersebut:

Dalam setiap kegiatan, sudah menjadi kebiasaan Menkeu Sri Mulyani Indrawati untuk melakukan pengecekan terhadap berbagai kesiapannya, termasuk bila ada speech/pidato/kuliah/seminar yang harus beliau sampaikan.

Yang selalu menjadi perhatian beliau adalah agar dalam setiap hal yang disampaikan selalu connect dengan para audience/hadirin. Ini tentu saja perlu disiapkan dengan matang, karena walaupun acaranya bersifat nasional atau internasional, berbagai data dan informasi lokal juga harus ditampilkan.

Hari Rabu 10 April 2019, Menkeu SMI memberikan kuliah di Cornell University dengan topik Industry 4.0 and Human Capital Development”. Dalam perjalanan pesawat dari New York menuju Syracuse, beliau sempat memeriksa ulang dan melakukan finalisasi bahan yang akan disampaikan dalam kuliah umum tersebut. Adalah hal yang biasa bagi Tim Kementerian Keuangan menerima perubahan pada menit-menit terakhir dari finalisasi akhir yang beliau berikan.

Hasilnya? Para mahasiswa yang hadir banyak yang antusias untuk mendengarkan dan bertanya baik selama kuliah umum maupun setelah selesai. Pernyataan luar biasa disampaikan oleh faculty member yang menjadi koordinator acara tersebut. Mereka menyampaikan kepada kami bahwa yang disampaikan oleh Menkeu SMI yang luar biasa dan memperlihatkan pengalaman beliau yang andal secara teori dan praktek. Disampaikan juga bahwa sangat jarang seorang pembicara di Cornell University yang menyampaikan suatu pengambilan kebijakan berdasarkan pertimbangan praktis, akademik dan juga politik. Suatu kebanggaan bagi kami yang mempunyai Menteri seperti beliau.”

Netizen pun ramai menanggapi unggahan tersebut:

Agustini Tridasanti: “Wah….ibu di kelas Ekonomi? Kagum saya

Rick Ibrahim: “Terimakasih untuk ibu SMI yg memberikan banyak contoh bermanfaat kpd kita semua dan rakyat banyak….

Dian Palupi: “Luar biasa…..srikandi Indonesia… bangga…“(yaya)