OTOMOTIF

Bikers Honda siap jadi duta keselamatan

fokusmedan : Menyadari peran penting komunitas dalam upaya mengkampanyekan keselamatan berkendara (safety riding) kepada lapisan masyarakat, maka PT Indako Trading Coy selaku main dealer Honda di wilayah Sumut kembali memantabkan komitmennya dengan kembali menggelar ajang bertajuk “ Kompetisi Regional Safety Riding Advisor Community 2019”.

Bertempat di Parts Warehouse yang berlokasi di kawasan Amplas Medan, puluhan bikers yang berasal dari sejumlah komunitas motor Honda saling beradu kemampuan dan skill dalam mengendalikan kuda besi dengan teknik-teknik safety riding, sebut saja Honda Mega Pro Club (HMPC) Chapter Medan, Vario Honda Matic Club (VANATIC), SCOOPERS, Verza Rider Community Indonesia (VRCI) Medan, Revo Executive Community (REXEC), Community Honda Supra Xpression (CAS-X), Club CB Medan (CCM), Sonic Club Medan (SONIC), dan Honda StreetFire Club Medan (SFCM).

Sepanjang kompetisi, para bikers bersaing mendapatkan nilai tertinggi dengan berupaya keras menunjukkan kemampuannya dalam mengendalikan sepeda motor dengan teknik yang baik dan benar.

Tidak hanya dituntut untuk jago mengendarai sepeda motor, namun para bikers juga ditantang untuk menujukkan kemampuean berkendara aman di lintasan safety riding yang telah disiapkan para instruktur safety riding bersertifikasi nasional PT Indako Trading Coy.

Seperti biasa, pengujian yang dilakukan menitik beratkan pada 3 teknik dasar safety riding yakni pengereman (braking), Slalom Course, dan Low Speed Balance.

Dimana dalam sesi braking, para peserta harus dapat menghentikan laju sepeda motornya dari kecepatan yang sudah ditentukan untuk mendapatkan jarak pengereman terpendek dari titik pengereman tanpa membuat roda terkunci.

Sementara itu dalam sesi Slalom Course, para peserta diuji keterampilan berkendaranya secara akurat dan cepat di lintasan khusus dengan tidak diperbolehkan menyentuh pembatas jalur saat bermanuver.

Sedangkan dalam Low Speed Balance, para peserta harus berkendara melintasi layout yang sempit dan berliku dengan kecepatan yang sangat rendah dengan tetap berada dijalur lintasan tanpa menurunkan kaki.

Persaingan ketat yang menghiasi kompetisi safety riding komunitas ini akhirnya berhasil melahirkan para duta safety riding Honda,

Dimana, untuk kelas sport berhasil mengukuhkan Bro Ai Bukhori dari SOCMED di posisi pertama, dan Bro Rahmad Gunawan dari VANATIC di posisi kedua. Sedangkan untuk kelas matik, berhasil direbut oleh Sis Anggi Septia yang juga berasal dari VANATIC.

Keberhasilan ini juga akan membawa ketiga bikers Honda ini untuk ikutan dalam ajang kontes safety riding nasional yang akan diadakan di Kota Medan pada akhir Juli mendatang.

Bro Ai Bukhori mengungkapkan sangat bersyukur atas prestasi yang diraih pada kompetisi safety riding komunitas ini. Menurutnya prestasi ini dapat diraih berkat doa dari keluarga dan juga teman-teman di Socmed.

“Bahagia sekali dan tidak menyangka dapat meraih juara. Tentunya kesempatan berharga mengikuti kompetisi safety riding nasional nantinya dapat saya manfaatkan dengan semaksimal mungkin, “ ujar Bro Ai Bukhori.

Sementara itu Leo Wijaya, Direktur PT Indako Trading Coy mengungkapkan bahwa para bikers Honda tidak hanya sebagai pecinta, namun komitmen mereka untuk selalu #cari_aman juga tidak perlu diragukan lagi.

Karenanya Honda selalu berupaya memperkuat kualitas pengetahuan mereka dengan beragam edukasi dan kompetisi.

“Tahun ini tentunya menjadi sangat istimewa, karena kota Medan didaulat menjadi tuan rumah untuk ajang kompetisi safety riding nasional 2019. Dan para komunitas Honda akan menjadi bagian dari peserta yang diharapkan dapat mencatat prestasi terbaik, dan mengharumkan nama Sumatera Utara ditingkat nasional,” ujar Leo Wijaya.(ril)