NASIONAL

BKIPM gelar simulasi gagalkan penyelundupan narkoba di Bandara Kualanamu

fokusmedan : Balai Karantina Ikan Pengendalian Mutu (BKIPM) Medan menggagalkan penyelundupan narkoba di Bandara Kualanamu yang sengaja disimpan dalam perut ikan.

Penyelundupan itu gagal setelah ketelitian petugas mendeteksi adanya narkoba di dalam perut ikan melalui mesin Ex-Ray yang terintegrasi dengan monitor pengamanan bandara saat dilakukan pemeriksaan.

Selanjutnya petugas mengamankan pemiliknya dan satu bungkusan plastik yang berisi narkoba dalam bentuk serbuk halus. Selain itu ditemukan pula 60 butir mutiara asli dan ikan hias hidup yang dikemas dengan kardus mie kering.

Kepala Balai Karantina Ikan Pengendalian Mutu Medan I, Muhamad Burlian ,S.Pi ,M.Si saat dikonfirmasi kepada fokusmedan.com, Sabtu (16/2) menyampaikan, penangkapan ini adalah simulasi dalam menggagalkan penyelundupan gina meningkatkan pengetahuan dan keterampilan petugas dalam melakukan pengawasan.

“Kegiatan ini untuk peningkatan layanan kualitas pemeriksaan/pengawasan yang efektif dan efesien. UPT BKIPM Medan I merupakan UPT pertama yang memiliki sarana berbasis warehouse Ex-ray yang menggunakan sistem monitor yang terintegrasi dari  kantor pelayanan lini II ke Lini I Kargo Bandara Kualanamu,” tandasnya.(putra)