NASIONAL

BMKG keluarkan peringatan gelombang laut setinggi 3 meter

fokusmedan : Dengan potensi geombang setinggi 3 meter untuk beberapa harike depan, pihak Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memberikan warning di wilayah barat Pulau Sumatera.

Kepala Bidang Data dan Informasi Balai Besar Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BBMKG) Wilayah I Medan Syahnan kepada fokusmedan.com, Senin (18/3) menyampaikan, gelombang tinggi ini diperkirakan diperairan Banda Aceh – Sabang, Perairan Barat Aceh, Samudera Hindia Barat Aceh.

”Kemudian di perairan Kepulauan Nias – Sibolga, Samudera Hindia Barat Kepulauan Nias, dan Perairan Utara Sabang,” sebutnya.

Ia menjelaskan, kondisi itu juga dibarengi dengan kecepatan angin mulai dari 2-20 knot. Hal itu sebut dia, dipengaruhi oleh adanya belokan angin di Perairan Barat Sumatera.

“Pada umumnya angin bertiup dari Timur Laut hingga Selatan, lalu angin dari Timur Laut hingga Selatan, dan angin dari Barat hingga Timur Laut,” jelasnya.

Hal itu juga dibarengi dengan hujan ringan hujan sedang, dan hujan lokal. Terutama di wilayah pelayaran Selat Malaka Bagian Utara, Perairan Lhokseumawe, Perairan Banda Aceh – Sabang, dan Samudera Hindia Barat Aceh (hujan ringan).

“Hujan sedang terdapat di Perairan Barat Aceh, dan hujan lokal di Selat Malaka Bagian Tengah. Sedangkan untuk wilayah lain, hanya akan mengalami cuaca berawan,” tandasnya.(riz)