Sel. Agu 20th, 2019

BMKG: Waspadai gelombang laut Sumut dan Aceh

fokusmedan : Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Meteorologi Maritim Belawan mengeluarkan peringatan terhadap potensi gelombang tinggi perairan laut di wilayah Sumut dan Aceh.

Adapun ketinggian gelombang laut tersebut berkisar antara 2.5 meter hingga 5 Meter, yang berlaku mulai Minggu (21/7) hingga Senin (22/7) mendatang.

Kepala Bidang Data dan Informasi Balai Besar Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BBMKG) Syahnan menyampaikan, untuk di Sumatera Utara, yakni di Perairan Kepulauan Nias-Sibolga ketinggian gelombang yang dapat terjadi mencapai 0.5 hingga 3 meter.

“Sedangkan untuk di Samudera Hindia Barat Kepulauan Nias, ketinggian gelombang mulai dari tiga hingga lima meter, dan Selat Malaka bagian tengah 0.5 hingga satu meter,” sebutnya kepada fokusmedan.com.

Sementara itu, di Provinsi Aceh, ketinggian gelombang yakni, untuk Selat Malaka bagian Utara ketinggian gelombang 0.75 hingga 2.5 meter. Perairan Lhokseumawe 0.5 hingga 1 meter.

Lalu, perairan Banda Aceh-Sabang 0.5 hingga 4 meter, perairan Barat Aceh 0.5 hingga 3.5 meter, Samudera Hindia barat Aceh 2 hingga 4 meter, dan perairan utara Sabang 2.5 hingga 4 meter.

“Untuk gelombang maksimum dapat mencapai 2 kali tinggi gelombang yang diperkirakan. Angin di perairan Sumatera bagian utara pada umumnya bergerak dari timur hingga selatan dengan kecepatan 02 – 20 knot,” pungkasnya.(riz)