NASIONAL

BNN tangkap sindikat narkotika asal Malaysia, 4 pelaku dan 30 Kg sabu diamankan

fokusmedan : Empat orang terduga sindikat narkotika jenis sabu asal Malaysia diamankan tim BNN (Badan Narkotika Nasional).

Dalam penangkapan tersebut, tim BNN mengamankan barang bukti narkotika jenis sabu seberat 30 Kg.

Deputi Bidang Pemberantasan BNN RI Irjen Pol Arman Depari dalam keterangannya menyebutkan, pengungkapan peredaran sabu ini dari Malaysia tujuan Pantai Labu, Batubara, Sunut.

”Empat tersangka ini bernama Dedi Iskandar (kurir), Surya Darma (kurir), Ibnu Hajar (penjemput sabu dari Malaysia), serta Rahmadsyah (pengendali),” ungkapnya kepada fokusmedan.com, Minggu (3/3).

Ia mengatakan, penangkapan ini berdasarkan informasi masyarakat yang menyebutkan adanya pengiriman sabu dari Malaysia menuju Batubara melalui jalur laut.

Pengiriman narkotika tersebut menggunakan kapal nelayan yang dijemput langsung dari daerah Port Klang, Malaysia  oleh seseorang bernama Ibnu alias Benu.

“Biasanya serah terima narkotika dilakukan di tengah laut (ship to ship),” tukasnya.

Setelah narkotika tiba di Pantai Labu, Batubara, lalu dibawa dengan menggunakan mobil oleh 2 orang tersangka atas nama Dedi dan Surya. Akan tetapi pada saat melintas di Jalan Raya Siantar, Kelurahan Pagar Jati, Lubuk Pakam, tim melakukan penghadangan dan penangkapan.

“Dari keduanya juga diamankan 3 kantong plastik warna hitam yang didalamnya berisi masing-masing 10 kantong sabu yang dikemas dalam plastik teh Cina berwarna hijau,” jelasnya.

Tim kemudian melakukan pengembangan dan penangkapan dua tersangka lain yakni Ibnu dan Rachmad. Dari penangkapan yang sudah dilakukan, sambungnya, selain 30 Kg sabu, pihaknya juga mengamankan barang bukti lain berupa 2 unit mobil, beberapa HP, KTP tersangka, dan uang sebesar Rp 6.600.000.

“Saat ini seluruh tersangka dan barang bukti sudah dibawa ke BNN Pusat,” tandasnya.(riz)