KABAR MEDAN

Buntut penggusuran pedagang, mahasiswa ITM bentrok dengan petugas Satpol PP, puluhan terluka

fokusmedan : Saat melakukan penertiban pedagang kaki lima di Jalan Gedung Arca, Kelurahan Teladan Barat, Kecamatan Medan Kota, petugas Satpol PP bentrok dengan mahasiswa ITM (Institut Teknologi Medan), Senin (22/10) malam.

Informasi diperoleh fokusmedan.com, bentrokan berawal saat petugas gabungan dari kepolisian dan Satpol PP hendak melakukan penertiban di sepanjang Jalan Gedung Arca/Stadion Teladan.

Namun, saat melakukan penertiban, petugas mendapat lemparan batu yang diduga berasal dari arah kampus ITM. Akibatnya bentrokan dan hujan batu pun terjadi antara mahasiswa dan petugas di lokasi.

Kapolsek Medan Kota, Kompol Revi Nurvelani yang turun langsung dilokasi mengatakan, setidaknya ada 18 personel dari Satpol PP yang terluka karena mendapatkan lemparan batu. Sedangkan dari pihak mahasiswa, satu orang mengalami luka.

“Seluruhnya sudah dibawa untuk mendapatkan penanganan medis,” ujarnya.

Revi sendiri mengaku, sempat mendapatkan lemparan batu sebanyak dua kali di pelipis mata kanannya. Beruntung batu yang mengenainya tidak besar, sehingga hanya menimbulkan luka lebam ringan saja.

“Saya kena dua kali. Kalau di kaki nggak tahu sudah beberapa kali,” sebutnya.

Bentrokan inipun akhirnya mereda, setelah kedua pihak bersepakat untuk masing-masing mengamankan massanya. Lalu petugas dan mahasiswa membubarkan diri.

“Tadi perwakilan dari rektor sudah turun. Kita bersepakat untuk mengamankan personil, dan dari rektor mengamankan mahasiswa,” tandasnya.(riz)