KABAR MEDAN

Dampak hujan deras di Medan, tiga kecamatan mengalami kebanjiran

fokusmedan : Hujan deras, Senin (8/10) kemarin menyebabkan tiga kecamatan di Kota Medan, terendam banjir.

Hasil monitoring Pusdalops Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Medan, banjir itu merendam Lingkungan VII, Kelurahan Padang Bulan, Medan Baru, kemudian Jalan Brigjen Katamso Lingkungan 6, Kelurahan Sei Mati, Medan Maimun, serta Lingkungan 6 Kelurahan Beringin, Medan Selayang.

Koordinator Pusdalops BPBD Kota Medan, M Yunus kepada fokusmedan.com memgatakan, banjir itu diakibatkan oleh luapan air sungai Babura, sehingga menggenangi rumah warga sekitar 60-70 cm.

“Sebagian warga mengungsi di rumah Siaga Bencana (Keltana),” ungkapnya.

Sedangkan, untuk di Kecamatan Medan Maimun, lanjut Yunus, kenaikan debit air sungai Deli mengakibatkan air memasuki Rumah warga dengan ketinggian sekitar 70-90 cm. Namun disini, jelas dia, warga masih bertahan di rumahnya masing-masing.

“Untuk di Medan Selayang, banjir juga diakibatkan oleh debit air sungai Babura yang meluap sampai menggenangi rumah warga sekitar 20-30 cm. Disini warga juga masih bertahan di rumah masing-masing,” jelasnya.

Sementara itu, terang dia, kondisi tinggi muka air pada Sungai Babura mengalami kenaikan setinggi 100-120 cm. Begitu juga pada Sungai Deli mengalami kenaikan setinggi 120-150 cm.

“Warna air sungai terlihat keruh, dan arusnya juga deras,” tandasnya.

Sejuah ini tambah dia, pihaknya berkoordinasi dengan pihak Kelurahan dan Lingkungan setempat. Begitu juga telah mempersiapkan peralatan dan perlengkapan yang dibutuhkan, manakala diperlukan Evakuasi terhadap warga,” tandasnya.(riz)