Dewan Pakar Golkar dorong Airlangga Hartarto jadi Cawapres Jokowi

fokusmedan : Dewan Pakar Partai Golkar mengusulkan nama Ketua Umum Airlangga Hartarto sebagai cawapres dari kader internal. Hal ini merupakan hasil pertemuan Pengurus Pusat partai berlambang beringin itu dengan Dewan Pakar di kantor DPP, Jalan Anggrek Neli, Slipi, Jakarta Barat, Selasa (16/4) malam.

Ketua Dewan Pakar Golkar Agung Laksono mengatakan, pihaknya tidak akan mendorong-dorong nama Airlangga kepada Joko Widodo. Namun, jika Jokowi yang memutuskan mengambil cawapres dari internal partai, maka Golkar sepakat akan mengusung Menteri Perindustrian itu.

“Bilamana pak presiden meminta cawapresnya dari kader Golkar, maka Golkar sudah siap. Untuk itu Dewan Pakar sudah sepakat mengusung bilamana diminta adalah Ketua Umum DPP Partai Golkar Airlangga Hartarto,” ujar Agung usai rapat.

Agung menjelaskan, beberapa alasan Dewan Pakar mengusulkan Airlangga Hartarto sebagai cawapres dari internal partai. Airlangga dinilai telah memiliki chemistry dengan Joko Widodo karena dia sampai saat ini masuk kabinet dan tetap dipercaya sampai tahun terakhir Jokowi.

Airlangga pun diyakini mampu mendongkrak elektabilitas Jokowi. Agung menambahkan Dewan Pakar juga beralasan agar tidak terjadi perpecahan di tubuh Golkar.

“Sekaligus menghindari perpecahan di internal. Sekaligus tetap kompak,” imbuh Agung.

Sementara itu, dikutip dari merdeka.com, Airlangga irit bicara atas usulan Dewan Pakar tersebut. Dia mengatakan pembahasan cawapres secara formal setelah penyelenggaraan pilkada serentak selesai.

“Tadi sesuai dengan apa yang dibahas, akan kita bahas pasca pilkada,” ucapnya.(yaya)