KABAR MEDAN

Diduga Pungli Pada Sopir Truk, 2 Pria Ditangkap Polisi

pungli2

fokusmedan : Bayu Anggara(24) warga Patumbak Kampung, Pasar 5, Dusun 2 Kecamatan Patumbak, dan temannya Putra (27) warga Desa Lantasan Lama, Pasar 4 Kecamatan Patumbak, diringkus polisi karena diduga melakukan pungutan liar (pungli).

Kedua pelaku ditangkap Tim Reskrim Polsek Patumbak saat meminta uang kepada dua supir truk yang mengangkut hewan ternak
di Jalan Pertahanan, Patumbak, Desa Lantasan Lama, Rabu (26/10) siang lalu.

“Jadi kedua tersangka tertangkap tangan langsung oleh anggota kita saat lakukan pungutan liar pada dua supir truk yang mengangkut hewan ternak yang akan diantarkan ke PT Indofarm di Desa Lantasa Baru,” sebut Kapolsek Patumbak, AKP Afdhal Junaidi SIK, kepada fokusmedan.com, di Mapolsek Patumbak, Selasa siang.

Afdhal menjelaskan, penangkapan kedua tersangka berawal dari laporan seorang pengusaha angkutan H Sahari, warga Bajak 4 Amplas, yang resah dengan kegiatan pungli yang dilakukan preman setempat saat truknya melintas di Jalan Pertahanan Patumbak.

Dari laporan tersebut Tim Reskrim Polsek Patumbak langsung melakukan penyelidikan. Kemudian tim berhasil menciduk kedua pelaku saat melakukan pungli kepada dua supir truk dengan meminta uang 10 ribu per satu truk, dengan memberikan kwitansi lengkap dengan stempel suatu organisasi masyarakat (ormas).

Selanjutnya, kedua pelaku digelandang ke Mapolsek Patumbak dengan barang bukti 2 blok kwitansi berstempel ormas yang berbeda, dan uang tunai Rp 100 ribu yang diduga hasil pungli.

Atas perbuatannya, kedua tersangka dikenakan Pasal 368 tentang pungli dengan ancaman 9 tahun penjara.(mah)