Diejek Apple, Facebook klaim pihaknya bisa melakukan pekerjaan yang lebih baik

fokusmedan : Beberapa waktu lalu, CEO Apple – Tim Cook memberikan respon mengenai situasi sulit yang tengah dialami oleh Facebook terkait kebocoran 50 juta pengguna.

Saat itu, melalui sebuah wawancara, Cook dimintai pendapat apabila di berada di posisi CEO Facebook, apa yang akan dilakukan.

“Saya tidak akan berada dalam situasi tersebut. Kami dapat menghasilkan banyak uang jika mengibaratkan bahwa pelanggan adalah produk kami. Jadi, kami memilih untuk tidak melakukan itu,” ujar Tim Cook.

Nah, baru-baru ini, wawancara dengan Mark Zuckerberg selaku CEO Facebook yang diterbitkan di Vox ternyata juga membalas apa yang ‘dilemparkan’ oleh Tim Cook. Menanggapi ‘nyinyiran’ CEO Apple, Zuck meminjam pepatah yang diungkapkan oleh CEO Amazon, Jeff Bezos, yang dia temukan sesuai dengan bagaimana Facebook berjalan selama ini.

“Kenyataannya, di sini ada pihak yang ingin membangun layanan dan membantu menghubungkan semua orang di dunia itu artinya banyak orang yang tidak mampu membayar. Seperti halnya banyak media, memiliki model yang didukung iklan adalah satu-satunya model rasional yang dapat mendukung pembangunan ini. Layanan untuk tetap terhubung dengan orang. Kami melakukan itu.”

“Itu tidak berarti bahwa kita tidak fokus melayani orang. Saya pikir mungkin karena ketidakpuasan tim penjualan kami di sini, saya membuat semua keputusan berdasarkan apa yang akan menjadi masalah bagi komunitas kami dan fokus lebih jauh pada sisi periklanan bisnis.”

“Tetapi jika Anda ingin membangun sebuah layanan yang tidak hanya melayani orang kaya, maka Anda harus memiliki ‘sesuatu’ yang membuat orang merasa mampu. Saya pikir, Jeff Bezos memiliki pepatah bagus tentang hal ini saat peluncuran Kindle beberapa tahun lalu. Waktu itu, dia berkata bahwa ada perusahaan yang bekerja keras untuk lebih banyak menuntut kepada Anda, dan ada perusahaan lain yang bekerja keras serta tidak banyak menuntut Anda. nah, di facebook, kami berada di jalur kedua, yakni perusahaan yang bekerja keras dengan tidak banyak menuntut para pelanggan. Kami juga memberikan layanan gratis yang dapat digunakan semua orang,” ujar Mark Zuckerberg.

Dkutip dari merdeka.com, di beberapa kalimat terakhirnya, jelas Zuck membalas sindiran Tim Cook selaku CEO Apple yang nyinyir kepadanya. Dia menganggap bahwa produknya bisa diberikan gratis pada para pelanggannya, dibanding Apple yang kebanyakan produknya memiliki banderol harga yang mahal.

Tentu saja, menjadi entitas yang didukung iklan tidak berarti bahwa hal-hal itu berputar begitu di luar kendali sampai 40 juta pelanggan akhirnya menjadi korban. Namun Zuckerberg mengakui bahwa Facebook kini berada di tengah beberapa masalah, tetapi tetap mengklaim bahwa dia bisa melakukan pekerjaan yang lebih baik dari siapa pun.(yaya)