KABAR MEDAN

Diguyur hujan, debit air sungai kota Medan meningkat

fokusmedan : Hujan yang mengguyur kota Medan semalaman membuat debit air sejumlah sungai di kota Medan meningkat, Junat (9/11).

Pusdalops Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Medan mencatat, kenaikan tinggi muka air tersebut terjadi di Daerah Aliran Sungai (DAS) Babura, DAS Deli, dan DAS Denai.

Manager Pusdalops BPBD Medan M Yunus kepada fokusmedan.com menyebutkan, untuk sungai Babura, berdasarkan pantauan yang dilakukan pagi tadi tercatat, tinggi muka air mengalami kenaikan 70 cm. Amatan petugas, kondisi air di sungai ini berwarna kecoklatan dengan arus yang deras.

Selanjutnya, untuk sungai Deli kenaikan tinggi muka air yang tercatat berkisar antara 60-70 cm dengan kondisi air di sungai ini berwarna keruh yang juga dibarengi arus yang deras.

“Sedangkan untuk sungai Denai, kenaikan yang terjadi hanya berkisar 40-50 cm. Kondisi air kecoklatan, dan arus yang juga deras,” ungkapnya.

Menurutnya, meskipun mengalami kenaikan debit, namun tidak ditemukan adanya laporan mengenai air sungai meluap sampai masuk ke pemukiman warga.(riz)