Jum. Jul 19th, 2019

Dinkes Medan bentuk tim telusuri Flu Singapura

fokusmedan : Dinas Kesehatan Kota Medan menegaskan, pihaknya belum menemukan adanya kasus flu Singapura menjangkiti warga Medan.

Kepala Bidang Pengendalian dan Pemberantasan penyakit (P2P) Dinkes Medan dr Mutia Nimpar menyampaikan, meski begitu pihaknya saat ini sudah membentuk tim survailens untuk menelusuri keberadaan dari kasus penyakit tersebut.

“Laporannya sejauh belum ada. Tapi kita sudah membentuk tim untuk menelusurinya,” katanya kepada fokusmedan.com, Rabu (10/7).

Sebagaimana dikabarkan, ada sejumlah warga Medan Johor dan Medan Tuntungan terserang penyakit ini. Namun pihaknya belum dapat meyakini bahwasanya flu yang menyerang para warga tersebut benar merupakan flu Singapura.

“Memang boleh saja gejalanya sama, tapi kan harus ada pemeriksaan penunjang yang mendukungnya, misalnya dari rumah sakit atau puskesmas,” jelasnya.

Karenanya, Mutia mengaku Dinkes Medan juga kini sudah berkoordinasi dengan Puskesmas setempat untuk mencari pasiennya. Sebab sambung dia, Puskesmas mempunyai wilayah yang besar untuk menjangkau masyarakat.

Untuk itu ia mengimbau, apabila ada warga yang menemukan gejala flu Singapura ini agar jangan membiarkan penderitanya untuk tetap dirumah. Minimal kata dia, dapat segera dibawa ke Puskesmas.

“Sehingga identitas penderitanya jelas, agar dapat ditindaklanjuti oleh Dinas Kesehatan,” tandasnya.(riz)