NASIONAL

Dirlantas Polda Sumut turun ke jalan bantu urai kemacetan akibat banjir

fokusmedan : Kemacetan lalulintas akibat banjir yang menggenangi Jalan Sisingamangaraja persisnya di depan markas Polda Sumut hingga ujung fly over Amplas sudah kembali normal, setelah sehari sebelumnya mengalami kemacetan sepanjang 5 kilometer.

“Air sudah surut dan arus lalu lintas sudah kembali normal,” ujar Direktur Dit Lantas Polda Sumut Kombes Pol. Heru Prakoso kepada fokusmedan.com, Selasa (5/12).

Diakuinya,  saat pagi pukul 07:00 WIB, air masih menggenangi badan jalan, sehingga beberapa kendaraan angkutan kota mengalami mogok.

Ketinggian air pagi tadi masih sebetis, tetapi menjelang siang air perlahan surut,” kata Heru yang datang ke lokasi banjir memantau pergerakan arus lalu lintas.

Sehari sebelumnya, mengatasi kemacetan di kawasan itu, pihak Dit Lantas Poldasu membagi-bagikan kartu tol manual ke pengendara, sehingga dapat mengambil jalur alternatif melalui jalan tol.

“Kemarin luar biasa macet, karena pengendara ragu melintasi genangan banjir sehingga berhenti di ujung genangan air. Akibatnya, kendaraan mengular hingga lewat perbatasan Tanjung Morawa,” ujarnya.

Karena itu, ia berinisiatif untuk masuk ke dalam genangan banjir untuk mengetahui kedalaman air sehingga pengendara tahu dan yakin untuk melewatinya.

“Setelah kita tau kedalamannya dan aman untuk dilintasi, kemudian menggiring kendaraan melewati genangan air,” sebut Heru.

Selain itu, kemacatan diurai ke jalur alternatif, yaitu jalan tol.

“Sampai hari ini anggota masih stand by di lokasi membagi kartu manual tol mengantisipasi kemacatan,” katanya. Dua lokasi banjir diantaranya terjadi di depan perumahan rivera dan depan pintu gerbang keluar Mapolda Sumut.

Kondisi banjir yang juga terjadi di sejumlah daerah membuat Kapolda Sumut Irjen Pol Paulus Waterpauw didampingi Dansat Brimob melakukan peninjauan banjir di wilayah jajaran Polda Sumut menggunakan helikopter Polri dan take off dari Lanud Suwondo.(edi)