NASIONAL

Distribusi logistik Pemilu dilakukan secara bertahap

fokusmedan : Jelang pemungutan suara saat Pemilihan Umum, kotak dan bilik suara telah diproduksi serta didistribusikan ke beberapa daerah. Komisioner KPU, Pramono Ubaid Tanthowi mengatakan, pengiriman kotak suara diprioritaskan kepada sejumlah daerah dengan jarak yang jauh atau pun letak geografisnya sulit.

“Dan daerah-daerah yang sudah kami kirimi adalah daerah yang tujuannya terjauh, dari sisi geografisnya paling sulit seperti Papua, Papua Barat, Maluku, Maluku Utara, Gorontalo, Sulawesi barat, Sulawesi Utara, Kalimantan, Bangka Belitung, jadi ada beberapa daerah yang jadi prioritas pengiriman kotak suara dan bilik suara,” kata Pramono di gedung KPU, Selasa (9/10).

Dia menyebut, pengiriman logistik, kotak dan bilik suara, sejatinya telah dilakukan pada 4 Oktober dengan tujuan Papua. Diperkirakan, tiba di tanah Manokwari berkisar tanggal 18 Oktober.

Pram menjelaskan, pada proses awal, pihaknya masih mendistribusikan dua jenis logistik itu saja, sementara tinta, sampul, dan amplop, menyusul sehubungan dengan produksi yang baru dilakukan pada 12 Oktober. Menurutnya, hal itu dilakukan agar tidak ada penumpukan beban kerja.

“Jadi jalannya paralel, kalau kayak gitu (distribusi logistik berbarengan) nanti beban kita terlalu berat. Jadi yang sudah ada ini segera kami kirim ke daerah-daerah,” ujarnya.

Sementara untuk produksi segel, imbuhnya, baru akan dilakukan proses lelang melalui e-katalog.

Dia menjamin pendistribusian kotak dan bilik suara secara awal tidak akan merusak kualitas dua logistik tersebut. Saat proses pengiriman, kata Pram, kotak dan bilik suara dikirim dengan kondisi masih terlipat yang dibungkus dalam satu plastik, sehingga dinilai tidak berpotensi berjamur meski pengiriman telah dilakukan jauh hari sebelum pemungutan suara.

“Dari sisi keamanan itu relatif aman enggak akan jamuran lembab,” tukasnya.

Sama dengan dua logistik yang telah dikirim sejak awal, Pramono menuturkan logistik lainnya juga akan dikirim secara terpisah, sesuai jadwal produksi.

“Ya iya (pengiriman terpisah) karena masing-masing item ini lelangnya sendiri-sendiri, pabriknya sendiri-sendiri. jadi masing-masing pabrik akan mengirim sendiri-sendiri ke KPU Kabupaten Kota, nanti di Kabupaten Kota itu di pull untuk nanti didistribusikan menjelang hari pemungutan suara. nanti di sana baru kotaknya di satukan dengan surat suara, dengan perlengkapan formulir, sampul, segel, segala macam itu ada di kotak yang nanti didistribusikan dari Kabupaten Kota ke Kecamatan sampai ke TPS itu,” jelasnya.(yaya)