NASIONAL

Dongkrak industri pariwisata Sumut TIC Bandara Kualanamu diresmikan

fokusmedan : Untuk mendongkrak pariwisata di wilayah Sumatera Utara, Kamis (6/9), Plt Deputi Pemasaran 1 Kementerian Pariwisata Ni Wayan Giri Adnyani resmikan Tourist Information Center (TIC) di Bandara Kualanamu.

“Kami sangat senang TIC bisa hadir di Bandara Kualanamu dan diharapkan tahun 2019 TIC dapat dibangun di 21 Bandara Internasional diseluruh Indonesia dan merupakan yang ke empat. Dengan begitu, diharapkan semua pihak menjaga dan mengembangkannya guna kemajuan pariwisata di Sumatera Utara.” kata Ni Wayan Giri Adnyani kepada fokusmedan.com.

Disebutkannya, sebelumnya pada 8 Agustus 2018, Menteri Pariwisata Arief Yahya telah meresmikan TIC di Bandara Sultan Mahmud Badaruddin II, Palembang, Sumatera Selatan. Ini berarti TIC keempat yang beroperasi dimana dua sebelumnya sudah beroperasi sejak Juni 2017 di Terminal III Bandara Soekarno Hatta, Jakarta.

Sementara itu Komisaris Utama PT Regantara Eja Paksi Freddy Tulung, selalu pengelola TIC, mengatakan TIC mengatakan bisa menyajikan informasi destinasi wisata di Indonesia, khususnya Sumatera Utara.

Provinsi ini memiliki sejumlah obyek wisata yang unik, baik wisata alam maupun budaya. Beberapa obyek wisata tersebut telah dikenal luas hingga ke mancanegara seperti Danau Toba dengan panorama alam yang indah dan Bukit Lawang dengan orangutan Sumatera yang unik, berbeda dengan orangutan Kalimantan.

Kota Medan sendiri sebagai gerbang ke berbagai tujuan wisata di Sumatera, memiliki sejumlah obyek wisata kota seperti Istana Maimun dengan Mesjid Raya dan Kolam Raja, Rumah Tjong A Fie dengan kawasan Kesawan, dan bangunan-bangunan tua peninggalan masa kolonial.

Sejak dulu, Medan dikenal sebagai kota perdagangan di mana berdiri sejumlah kantor pusat perusahaan perkebunan seperti Tembakau Deli yang terkenal hingga ke mancanegara.

“Semua informasi wisata seperti itu harus tersedia di TIC dan para petugas Front Liner TIC harus bisa mempromosikannya,” kata Freddy.(putra)