NASIONAL

DPT Pemilu 2019 di Jawa Barat Bertambah 2,5 Persen

fokusmedan : Daftar Pemilih Tetap (DPT) Pemilu 2019 di Jabar mencapai 33.276.905 orang atau meningkat 2,5 persen dibanding jumlah DPT awal sebelum melakukan tiga kali akurasi data. Komisi Pemilihan Umum (KPU) pun menyatakan bahwa seluruh persiapan jelang pencoblosan di Jawa Barat sudah sekitar 75 persen.

Komisioner KPU Jabar Reza Alwan menjelaskan, jumlah DPT tersebut terdiri dari 16.727.451 orang laki-laki dan 16.549.454 pemilih perempuan. Mereka yang dinyatakan sebagai pemilih ini akan menyalurkan suaranya di 103.867 Tempat Pemungutan Suara (TPS).

Menurutnya, pemutakhiran DPT di Jabar ini melalui proses panjang hampir dua tahun. Sehingga, pihaknya menjamin seluruh warga Jabar dapat terakomodir hak pilihnya dalam pemilu tahun ini. Menurutnya, penambahan ini tidak terlalu signifikan, karena hanya menambah warga yang belum terdata.

“Meningkat 2,5 persen dibandingkan data awal sebelum pemutakhiran. Hal ini tak lepas dari tingginya animo masyarakat dan akurasi data berkelanjutan yang dilakukan KPU,” terangnya.

Dikutip dari merdeka.com, disinggung mengenai persiapan, ia mengklaim semua persiapan sudah mencapai 75 persen. Pekerjaan seperti distribusi logistik berupa kotak dan surat suara sudah dilakukan hingga ke tingkat kecamatan di kabupaten dan kota. Meski demikian, masih ia mengaku masih ada beberapa masalah, namun semua bisa diatasi secepatnya.

“Untuk (logistik) di level PPK (panitia pemilihan kecamatan) setahu saya mungkin di atas 75 persen karena ini sudah bergerak,” katanya.

“Kekurangan-kekurangan kecil misalkan surat-surat rusak, yang disahkan kemudian sampul formulir yang masih kurang dan Insya Allah dalam waktu yang dekat sudah bisa kita penuhi,” ungkap dia.

Di samping itu, KPU Jabar juga tengah melakukan pemetaan perpindahan TPS di wilayah-wilayah terdampak banjir di Kabupaten Indramayu dan Bandung. Hal itu menjadi salah satu kendala teknis yang tengah diselesaikan.

“Kita mapping untuk kemungkinan memindahkan TPS juga, karena ada TPS yang dalam posisi sepertinya masih akan terkena sampai pada hari H, tapi tidak terlalu banyak,” ujar Reza.(yaya)