Ming. Sep 22nd, 2019

Elders Company Hadir di Medan, Bermula dari Helm Hingga Modifikasi Chopperland Jokowi

fokusmedan : Sempat menjadi pemberitaan, siapa yang tidak pernah melihat motor modifikasi chopperland milik Jokowi. Motor tersebut bermesin 350cc berwarna emas yang merupakan hasil modifikasi oleh anak muda Indonesia yang tergabung dalam Elders Garace.

Head Marketing Elders Company, Erlan Dwi Anto mengatakan chopperland tersebut merupakan kolaborasi Elders Garage dengan custom garage Kick Ass Chopper yang dimotori oleh Veroland. Erlan juga menceritakan, awalnya Elders Company hanya memasarkan helm, dimana helm tersebut diimpor dari Thailand. Lambat laun Elders Company melihat perkembangan helm ini yang sangat pesat di Indonesia.

“Helm yang kita bikin ini ternyata mendapat respon yang positif di Indonesia. Akhirnya kita memutuskan untuk bikin helmnya Indonesia. Kita belum punya pabrik, tapi kita pake pabrik dan pakai vendor lokal di Indonesia untuk membuat helm” ujar Erlan

Setelah helm, Usaha Erlders Company yang berjalan dari tahun 2013 ini akhirnya membuat banyak pilihan produk lain. Dimulai dari sarung tangan untuk bikers hingga fashion apparel. Kini Elders Company juga memproduksi fashion apparel seperti kaos dan jaket yang mensupport hobi para pengendara motor agar lebih fashionable. Tak hanya dikenakan saat berkendara, produk fashion apparel ini juga tetap bisa dipakai untuk kegiatan sehari-hari.

“Jadi fokus awal kami adalah menjual barang-barang yang mendukung para bikers untuk naik motor, dari mulai sarung tangan dan helm. Semakin lama, kami semakin serius dan memasarkan produk yang lebih luas. Misalnya mereka tetap bisa pakai produk kita untuk nongkrong. Sampai mereka bangga pakai brand kita untuk mereka bergaul sehari-hari. Inilah yang membuat brand kita sampai sekarang akhirnya stand out ” ujar Erlan

Erlan juga mengatakan, produk fashion apparel Elders Company didesain secara istimewa. Pihaknya berkolaborasi dengan artisan lokal Indonesia yang hasil gambarnya memiliki cerita sendiri. Sehingga produk kita selalu menceritakan pesan dibalik desain-desain gambar tersebut. Inilah yang membuat produk-produk kami sampai sekarang banyak diminati,” jelasnya.

Sedangkan Elders Garage adalah unit usaha dari Elders Company dari sisi custom garage. Dua bisnis ini bisa berjalan beriringan karena saling mendukung secara komunitas. “Akhirnya bukan hanya kita saja, tapi beberapa pelaku industri yang sama seperti kita dari mulai bengkel, riding gear supply, dan fashion apparel mulai berkembang. Jadi komunitasnya di Jakarta pun mulai berkembang dan sekarang sudah ada nasional,” ujar Erlan.

Perkembangan ini tak hanya di ibu kota tapi juga di Bandung bahkan di Medan. Produk Elders Company juga memiliki pasar yang luas hingga ke luar negeri seperti di USA, Jepang, Taiwan. Dimana melalui produk lokal Indonesia, negara lain pun akhirnya salut sama produk-produk Indonesia, karena bukan hanya produk Elders Company, tapi produk lain yang bisa menembus pasar internasional.

Untuk warga Medan yang ingin mendengar cerita perjalanan Elders Company dan melihat langsung karya mereka dengan gelaran mengunjungi Genio Custom Playground yang akan diselenggarakan 22 September 2019 di Ringroad City Walk. Mereka juga mengajak anak muda Medan untuk datang dan menyaksikan karya-karya keren anak Indonesia, karena ini bisa menjadi bukti bahwa produk lokal bisa menjadi produk yang luar biasa.

“Kita mempunyai frame motor custom termasuk Honda Genio Custom yang akan dibawa dan akan dipamerkan di acara itu. Kita juga akan pamerkan karya-karya lukisannya yang sudah kita buat sama beberapa artisan lokal juga. Dengan menyaksikan langsung, maka anak muda Medan bisa ngerasain gimana produk lokal Indonesia ini sudah sampai sekeren itu dan anak-anak Indonesia sudah sekreatif itu untuk membuat karya dari mulai karya di kanvas, di helm, dan media-media lainnya, ” Ujar  Erlan.

Gunarko Hartoyo, Corporate and Marketing Communication Manager PT Indako Trading Coy selaku main dealer Honda mengungkapkan, Genio Custom Playground sendiri merupakan sebuah acara yang akan menghadirkan berbagai kegiatan menarik untuk anak muda.

Pihaknya berharap kegiatan ini dapat memberikan inspirasi kepada anak muda Medan. Menurutnya event ini tahun lalu sudah digelar di Jakarta, dan tahun ini sebagai bentuk dari dukungan Honda yang lebih luas, acara ini kita bawa ke beberapa kota besar di Indonesia salah satunya Medan.

“Genio Cuctom Playground tidak hanya akan mendukung telent lokal agar bisa lebih mengenal custom yang ada di nasional, namun aktivitas ini tentunya sangat relevan dengan Produk terbaru Honda Genio. Mengingat Honda Genio merupakan satu produk fashion yang sangat dekat dengan generasi muda yang eksis,” pungkas Gunarko.(yaya)