Gagal ditetapkan, Kapolrestabes Medan anjurkan pendukung tempuh jalur hukum

fokusmedan : Guna menghindari dan mengantisipasi keributan serta bentrok dari massa pendukung pasangan calon yang dibatalkan penetapannya oleh KPU Sumut, polisi siagakan ratusan personel di Hotel Grand Mercure Medan, dan kawasan Jalan Printis Kemerdekaan Medan.

Pantauan fokusmedan.com Senin (12/2) ratusan polisi terlihat bersiaga di gedung hotel maupun di luar hotel dengan memberi penjagaan ketat.

‎Kapolrestabes Medan, Kombes Pol Dadang Hartanto usai acara rapat pleno tersebut menuturkan, agar pasangan calon yang gagal ditetapkan karena tidak memenuhi syarat untuk memenuhi jalur hukum dan tidak melanggar hukum, apalagi menimbulkan masalah.

Namun apabila terdapat gangguan dari kericuhan oleh massa yang keberatan, pihaknya mengaku akan menindak dengan tegas.

“Kalau ada yang melanggar sampai ada tindakan yang tegas, dengan terlebih dahulu kami melakukan upaya-upaya himbauan dan langkah-langkah penegakan hukum dari gangguan itu,” katanya.

Dalam pengamanan selanjutnya, sambungnya, pencabutan nomor urut pasangan calon yang direncanakan pada esok hari, pihaknya juga melakukan pengawalan yang sama.

“Pengaman besok tetap seperti ini. Tapi nanti kita lihat perkembangan massa terakhir apakah lebih banyak atau tidak,” pungkasnya.

Diketahui, dari hasil penentuan sidang pleno penetapan pasangan calon tersebut, JR Saragih-Ance Silian dinyatakan gagal dan terkendala karena masalah berkas yang dianggap tidak memenuhi syarat oleh KPU Sumut.(rio)