Sel. Nov 12th, 2019

Gedung Tertinggi Dunia Dilengkapi Taman Gantung, Hotel dan Mercusuar

dubai-creek-harbour

fokusmedan : Perdana Menteri dan Wakil Presiden Uni Emirat Arab (UAE), Sheikh Mohammed Bin Rashid Al-Maktoum melakukan penggalian pondasi pertama atau ground breaking pembangunan proyek satu USD 1 miliar yaitu Menara Dubai Creek Harbour. Menara yang ditarget selesai pada 2020 ini akan menjadi gedung tertinggi di dunia, melampaui Burj Khalifa setinggi 828 meter, juga terletak di Dubai.

Dubai Creek Harbour bukanlah gedung pencakar langit biasa, namun lebih ramping ke atas. Desain ini membangkitkan citra menara yang ditanam ke dalam tanah dengan pondasi dan kabel yang kuat.

Di gedung ini nantinya akan dibangun dek observasi, taman gantung, hotel dan butik kelas dunia serta fasilitas wisata lainnya. Desain gedung telah dipilih secara kompetitif dari beberapa arsitek dunia dan akhirnya dimenangkan oleh arsitek Spanyol-Swiss Santiago Calatrava. Gedung ini nantinya juga memiliki fitur dan aspek khas Islam.

Pada malam hari, Dubai Creek Harbour akan memancarkan cahaya menjadi mercusuar dunia. Puncaknya didesain seperti kuncup bunga menjadi elemen mengambang di puncak gedung. Luas gedung ini nantinya mencapai dua kali lipat Downtown Dubai dan lokasinya sangat dekat dengan Bandara Dubai atau hanya sekitar 10 menit saja.

“Proyek ini sangat ambisius dan belum pernah ada sebelumnya. Desain membutuhkan rekayasa presisi tinggi di semua aspek,” keterangan kontraktor pembangunan gedung, Emaar Properties Dubai, dilansir merdeka.com, Selasa.

Ketua Dubai Holding Mohammad, Al Gergawi mengatakan, ground breaking proyek ini menjadi momen bersejarah UEA. Gedung yang rencananya selesai 2020 mendatang ini akan menjadi kebanggaan UEA dan meningkatkan reputasi kota serta pertumbuhan ekonomi.(yaya)