NASIONAL

Hardiknas, siswa SD di Malang masuk universitas

fokusmedan : Sebanyak 450 siswa Sekolah Dasar (SD) di Malang Raya menikmati pengalaman belajar di perguruan tinggi. Anak-anak mengikuti kuliah dan eksplorasi di Kampus Universitas Muhammadiyah Malang (UMM).

Peserta diajak mengikuti upacara peringatan Hardiknas bersama seluruh civitas akademika. Setiap perwakilan sekolah mendapat kesempatan dipakaikan toga oleh Rektor UMM, Fauzan.

Anak-anak juga diajak berkunjung ke laboratorium yang dimiliki oleh UMM dan merasakan pengalaman diajar oleh profesor. Secara berkelompok anak-anak diajak memasuki Laboratorium Jalan Raya, Laboratorium Drama, Laboratorium Terpadu Pertanian dan Peternakan, Laboratorium Ilmu Komunikasi, Laboratorium Pusat Pengembangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (PUSPA IPTEK), Pembangkit Listrik Tenaga Mikro Hidro (PLTMH) dan Panel Surya.

Acara yang mengusung tema Penguatan Karakter dan Kebudayaan itu, selain untuk memperingati Hardiknas, juga sebagai bentuk tanggung jawab UMM dalam rangka memupuk mimpi dan cita-cita generasi muda Indonesia. Anak-anak merupakan para calon pemimpin bangsa.

Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan, Sidik Sunaryo menyampaikan, acara tersebut dapat memberikan semangat kepada anak-anak untuk terus melanjutkan pendidikan hingga tingkat tertinggi. Pihaknya mengapresiasi semangat para siswa yang datang ke kampus UMM.

“Saya ucapkan selamat kepada adik-adik SD yang hari ini turut serta merayakan Hardiknas di Kampus Putih,” jelasnya, Rabu (2/5).

Para siswa berbondong-bondong mengunjungi satu laboratorium ke laboratorium lain. Tawa ceria kerap pecah seiring perjalanan mereka yang penuh suka cita.

Syaqif Jalaludin Ahmad, siswa SD As-Salam mengaku senang diajak berkunjung ke Laboratorium Terpadu Fakultas Pertanian dan Peternakan (FPP) UMM.

“Tadi ke pabrik roti dan nata de coco, belajar buat roti tapi gagal. Tapi gak masalah saya senang sekarang bisa buat roti di pabrik,” kata siswa kelas lima ini.

Sementara itu, dikutip dari merdeka.com, salah seorang guru pendamping dari SD Kristen Petra, Feri Ferdiansyah mengapresiasi kegiatan tersebut. UMM, katanya merupakan kampus yang menjunjung tinggi perbedaan kebudayaan sesuai dengan semangat perayaan Hardiknas 2018.

“Saya sebagai perwakilan dari sekolah non-muslim sangat senang dan mengapresiasi kegiatan ini. Ini merupakan bukti nyata bahwa UMM sangat menjunjung tinggi perbedaan,” tegasnya.

Agenda bertajuk ‘Kids on Campus’ itu juga menghadirkan Mobil KaCa (Suka Membaca) di tengah waktu peserta menunggu giliran masuk ke dalam setiap laboratorium.

Acara ditutup dengan gelaran wisuda bagi seluruh peserta. Setiap siswa disematkan gordon layaknya wisudawan sebagai tanda telah lulus kuliah sehari di UMM.