EKONOMI & BISNIS

Harga Minyak Dunia Terus Bergerak Naik

harga-minyak-dunia-terus-bergerak-naik

fokusmedan : Harga minyak dunia masih saja terus menguat pada hari ini. Kenaikan harga didukung ekspektasi pasar yang memperkirakan pasokan dan permintaan minyak mentah global akan berimbang kembali pada awal tahun depan.

Pasar minyak global dapat berubah arah dari surplus menjadi defisit pada semester pertama 2017 jika Organisasi Negara-negara Pengekspor Minyak (OPEC) dan produsen-produsen di luar OPEC menepati perjanjian mereka untuk memotong pasokan. Demikian menurut Badan Energi Internasional (IEA), dilansir merdeka.com, Rabu.

Pasokan minyak akan menurun sekitar 600.000 barel per hari dalam enam bulan ke depan. IEA sebelumnya mengasumsikan persediaan minyak global tidak akan turun hingga akhir 2017.

Harga minyak berakhir sedikit berubah, karena dukungan dari produsen-produsen OPEC dan non OPEC yang berencana untuk membatasi produksi mereka, diimbangi penilaian lembaga IEA yang menyakini bahwa OPEC memproduksi sekitar 34,2 juta barel per hari pada November, atau bertambah 500.000 barel per hari dari perkiraan OPEC.

Patokan AS, minyak mentah light sweet atau West Texas Intermediate (WTI) untuk pengiriman Januari, naik USD 0,15 menjadi menetap di USD 52,98 per barel di New York Mercantile Exchange.

Sementara itu, patokan internasional, minyak mentah Brent North Sea untuk pengiriman Februari, bertambah USD 0,03 menjadi ditutup pada USD 55,72 per barel di London ICE Futures Exchange.(yaya)