EKONOMI & BISNIS

Harga minyak dunia turun akibat aksi ambil untung investor

fokusmedan : Harga minyak dunia bergerak turun pada perdagangan Kamis (Jumat pagi WIB), Penurunan harga terjadi karena para investor melakukan aksi ambil untung setelah meningkat tajam dalam sesi-sesi sebelumnya.

Minyak mentah AS dan Brent masing-masing naik 9 persen dan 7 persen dalam 14 sesi perdagangan terakhir secara terpisah, di tengah ekspektasi pasar untuk permintaan baru dari penyulingan minyak di Amerika Serikat setelah Badai Harvey.

Para analis mengatakan, pasar telah membuat perjalanan harga minyak sangat mengesankan dan sekarang saatnya untuk mundur kembali.

Selain itu, menguatnya nilai tukar USD juga membebani pasar minyak, karena komoditas yang dihargakan dalam USD menjadi kurang menarik bagi pemegang mata uang lainnya.

Patokan AS, dikutip dari merdeka.com, minyak mentah light sweet atau West Texas Intermediate (WTI) untuk pengiriman November, turun USD 0,58 menjadi menetap di USD 51,56 per barel di New York Mercantile Exchange. Demikian ditulis Antara.

Sementara itu, patokan Eropa, minyak mentah Brent North Sea untuk pengiriman November melemah USD 0,49 menjadi ditutup pada USD 57,41 per barel di London ICE Futures Exchange.(yaya)