EKONOMI & BISNIS

Harga Pertamax naik, bos Pertamina jamin pasokan Premium tak akan langka

fokusmedan : Pelaksana Tugas (Plt) Direktur Utama Pertamina, Nicke Widyawati menjelaskan bahwa naiknya harga bahan bakar minyak (BBM) non-subsidi seperti Pertamax karena tingginya harga minyak dunia. Untuk antisipasi, pihaknya menyiapkan BBM jenis Premium yang jauh lebih murah.

Menurut Nicke, pihaknya telah memenuhi stok BBM jenis Premium di Jawa dan Bali sebelum kenaikan harga Pertamax dilakukan.

“Premium kita penuhi dulu di Jawa-Bali sebelum kita menaikkan harga pertamax, jadi menghindari kelangkaan. Kita menyesuaikan dengan kuota yang diberikan BPH Migas. Setiap saat kita monitor, jadi kita jamin tidak ada kelangkaan buat itu,” ungkapnya saat acara ECGL Leadership Forum di Fairmont Hotel, Jakarta┬áRabu (4/7).

Harga Pertamax saat ini naik Rp 600 per liter, dari Rp 8.900 menjadi Rp 9.500. Kenaikan tersebut diikuti oleh harga Pertamax Turbo yang kini meningkat Rp 10.700 per liter, dan Pertamina Dex Rp 10.500 per liter.

Dikutip dari merdeka.com, dalam pandangan Nicke, tingginya harga Pertamax sebenarnya bukan persoalan besar, karena segmen pasar pembeli jenis bahan bakar tersebut lebih tergolong mampu dibanding para pengguna BBM subsidi seperti Premium.

“Kalau kita lihat pasar atau segmen pasarnya kan memang berbeda (para pembelinya). Tentunya ini pilihan bagi pelanggan. Jadi kami berikan pilihan bagi masyarakat,” pungkas dia.(yaya)