NASIONAL

Hari Pertama Kerja Usai Lebaran, KPU Siapkan Data untuk Sengketa Pemilu

fokusmedan : Komisi Pemilihan Umum RI ‘tancap gas’ di hari pertama masuk usai libur lebaran. Arief Budiman, ketua KPU RI, mengatakan jajarannya hari ini mengagendakan rapat evaluasi kinerja pemilihan umum 2019 yang telah berjalan pada April kemarin.

“Siang ini kami mengundang KPU provinsi dan kab/kota seluruh dokumen masuk dalam permohonan baik dalam Pilpres dan Pileg datanya sudah dikumpulkan dan kami rapat koordinasi di sini,” jelas Arief usai halal bi halal di Kantor KPU RI, Jalan Imam Bonjol, Jakarta Pusat, Senin (10/6).

Selain membahas soal evaluasi kinerja, agenda rapat KPU RI juga membahas persiapan sengketa hasil Pemilu yang digugat ke Mahkamah Konstitusi atau MK.

Bersama jajaran KPU provinsi dan kabupaten/kota, beberapa formula untuk menjawab segala hal yang disangkakan penggugat selama Pemilu 2019 kemarin.

“Jadi dua hari ke depan dilakukan pertemuan antara KPU bersama tim penasihat hukum kita. Untuk memformulasikan, mengecek lagi jawaban dan dokumen sebagai alat bukti,” jelas Arief.

Dikutip dari merdeka.com, Arief mengatakan sejauh ini persiapan dilakukan KPU untuk menghadapi gugatan di MK sudah matang. Pihaknya hanya tinggal melakukan koordinasi final agar dapat mengklarifikasi semua sangkaan.

“Mudah-mudahan kita bisa jawab semua sesuai ketentuan yang berlaku jadi kalau persidangan sudah dimulai, kita sudah bisa sediakan semuanya,” Arief menandasi.

Rangkaian Alur Gugatan Mahkamah Konstitusi (MK).

21-24 Mei: Pengajuan permohonan pemohon

11 Juni: Pencatatan permohonan pemohon dalam BRPK (Buku Registrasi Perkara Konstitusi dan Penyampaian salinan permohonan dan pemberitahuan sidang pertama kepada pemohon, termohon, pihak terkait, dan Bawaslu

14 Juni: Pemeriksaan pendahuluan dan penyerahan perbaikan jawaban dan keterangan

17 Juni sampai 24 Juni: Pemeriksaan persidangan.

25 Juni sampai 27 Juni: Rapat Permusyawaratan Hakim.(yaya)