OTOMOTIF

Honda Masih Setia Pertahankan Segmen Bebek

fokusmedan : Seiring perkembangan zaman, pamor motor bebek dari tahun ke tahun memang semakin meredup. Hal ini tidak terlepas dari  makin digemarinya produk motor skutik oleh konsumen di Tanah Air. Namun kendati  motor bebek semakin jarang dipilih sebagai kendaraan harian di masyarakat, produsen roda dua terbesar Honda masih setia mempertahankan sepeda motor jenis ini.

Seperti yang diungkapkan General Manager Sales PT Astra Honda Motor (AHM) Ignatius Didi Kwok yang mengatakan bahwa pihaknya berusaha memenuhi kebutuhan konsumen akan segala jenis motor, termasuk segmen bebek yang diyakini masih memiliki penggemar setia.

“Tipe cub masih digemari sebagian konsumen yang menginginkan fungsional, sedangkan sebagian lainnya lebih menginginkan kemudahan berkendara dengan memilih motor matik, “ ujarnya.

Membahas perbandingan antara skutik dan bebek memang bukanlah hal baru, karena jelas terlihat bahwa skutik merupakan segmen yang paling banyak menggerus bebek. Namun bagaimana jika membandingkan bebek dengan motor sport yang juga bisa dianggap sebagai jenis motor yang terbilang repot dikendarai.

Pada kenyataannya, pembeli motor yang tidak menyukai transmisi matik juga cenderung menjatuhkan pilihan ke motor sport dibanding bebek. Sebab, banyak dari konsumen khususnya pria menilai tampilan motor sport lebih gagah jika dibandingkan motor bebek.

Jadi bisa disimpulkan bahwa bebek kalah dari segi kenyamanan dibanding matik, namun di sisi lain bebek juga kalah dalam hal faktor tampilan gagah yang dimiliki motor sport.

Sementara itu Leo Wijaya, Direktur PT Indako Trading Coy selaku main dealer Honda di wilayah Sumut mengungkapkan bahwa saat ini pergeseran dari segmen motor bebek ke skutik dan sport masih terjadi, namun pasar motor ini akan tetap ada meski tidak mengalami peningkatan.

“Untuk motor cub memang pasarnya masih akan stagnan, namun bukan berarti hilang. Akan tetap ada kebutuhan untuk segmen cub ini, seperti halnya untuk pengantar barang, makanan atau yang sifatnya bukan untuk lifestyle. Selama masih ada permintaan dari pecintanya, tentunya Honda akan terus berupaya memenuhi kebutuhan tersebut, “ ujar Leo Wijaya kepada fokusmedan.com, Rabu (28/11).

Jika dilihat dari data Asosiasi Industri Sepedamotor Indonesia (AISI) hingga paruh pertama 2018, Honda sendiri masih eksis menawarkan beberapa produk motor bebek Honda dengan model yang cukup banyak, seperti  Honda Revo X FI, Blade 125 FI R, Supra X 125 Helm-in, Supra X 125 FI, Supra GTR 150, dan Sonic 150R.(ril)