OTOMOTIF

Honda uji ketrampilan berkendara instruktur

fokusmedan : PT Astra Honda Motor (AHM) kembali menggelar Astra Honda Safety Riding Instructors Competition (AH-SRIC) sebagai bagian dari upaya perusahaan menciptakan budaya aman dan nyaman berkendara dengan menyiapkan instruktur terampil yang terlatih.

Kompetisi keterampilan berkendara antar instruktur safety riding Honda ini diselenggarakan pada  17-19 Juli 2018 di Pekanbaru, Riau. Memasuki tahun penyelenggaraan ke-12, acara ini menghadirkan kategori lomba baruyaitu Safety Riding Center Main Dealer HondaKategori baru ini dibuka untuk mengoptimalkan kompetisi para instruktur yang mengajarkan berbagai elemen masyarakat di Safety Riding Center Honda. Selain itu, 7 kategori lainnya tetap digelar yaitu instruktur kelas big bike, instruktur kelas sportinstruktur kelas skutik, instruktur group, advisor dealer, advisor komunitas kelas sport, dan advisor komunitas kelas skutik.

Mengusung tema “#Cari_Aman Saat Naik Motor”kompetisi AH-SRIC 2018 diikuti oleh 150 instruktur safety riding, 2200advisor safety riding dealer Honda, dan 1.000 advisor safety riding komunitas Honda dari berbagai wilayah di seluruh Indonesia. Untuk menjadi yang terbaik, peserta serius berlatih dan mengikuti kompetisi di regional masing-masing dari Aceh hingga Papua untuk menghadapi kompetisi tingkat nasional.

Dari kompetisi regional, terpilihlah 81 instruktur safety riding Honda yang siap berlaga pada kompetisi nasional, yaitu 18instruktur kelas big bike38 instruktur kelas sport, 10 instruktur wanita kelas skutik dan 24 tim instruktur Grup Main Dealer. Dealer-dealer Honda pun turut aktif dalam kampanye safety riding dengan menurunkan 28 dealer advisor. Selain itu38 advisor komunitas kelas sport dan 25 komunitas kelas skutik juga turut serta di ajang bergengsi tahunan ini.

General Manager Marketing Planning and Analysis AHM A. Indraputra mengatakan ajang kompetisi AH-SRIC secara konsisten digelar untuk meningkatkan skill dan juga pengetahuan terhadap keselamatan berkendara para instruktur safety riding Honda. Selain itu, kegiatan ini juga ditujukan untuk mengukur dan mengkalibrasi pengetahuan dan kemampuan para instruktur dalam menyebarkan pesan keselamatan berkendara di tengah masyarakat.

Para instruktur inilah yang berada di garda terdepan dalam mengajak dan mengedukasi masyarakat untuk berpartisipasi aktifmenciptakan budaya aman dan nyaman berkendaraKami harap ajang ini mampu memberikan kontribusi dalam melahirkan duta-duta keselamatan berkendara yang lebih banyak lagi, ujar Indraputra.

Sementara itu Leo Wijaya, Direktur PT Indako Trading Coy selaku main dealer Honda di wilayah Sumut mengungkapkan bahwa setiap tahun pihaknya selalu berpartisipasi dalam ajang AH-SRIC dengan mengirimkan perwakilan terbaik seperti halnya para istruktur terampil dan terlatih, dealer advisor, dan advisor komunitas kelas sport dan skutik.

“ Kami sangat bersyukur sekaligus berbangga atas keberhasilan salah satu instruktur terbaik Indako Trading Coy Sofian Hazri yang berhasil meraih juara I kategori sport di ajang AH-SRIC 2018. Tentunya ini merupakan hasil dari komitmen kami selama ini yang selalu berupaya meningkatkan kualitas dan kemampuan para instruktur yang memiliki peran besar dalam mengkampanyekan safety riding melalui tagline Cari_Aman kepada berbagai lapisan masyarakat di wilayah Sumut guna mewujudkan impian menjadikan safety riding sebagai budaya dan gaya hidup masyarakat saat berkendara “, ujar Leo Wijaya dalam rilisnya yang diterima fokusmedan.com, Jumat (20/7).

Peserta AH-SRIC 2018 mengikuti ujian yang meliputi uji pengetahuan terkait keselamatan berkendara serta kemampuan melakukan edukasi kepada masyarakat dengan beragam alat peraga pada sesi coaching skill. Keterampilan berkendara pun turut diuji yang mencakup teknik pengereman, pengendalian kestabilan, pengoperasian sepeda motor dan posisi berkendara yang baik dan benar di berbagai kondisi melalui sesi praktik braking, balancingdan slalom course.

Guna mempertajam skill dan pengetahuan para safety riding instruktur HondaHonda akan mengirimkan peserta terbaiknya di kelas big bike dan kelas sport untuk mengikuti The 19th Safety Japan Instructors Competition di Jepang pada Oktober tahun inisebagai bentuk kontribusi kebanggaan anak bangsa yang mewakili Indonesia dalam mengukir prestasi di skala internasional.(ril)