Kam. Nov 21st, 2019

IDI Medan: 5 poin harus jadi prioritas Kemenkes

fokusmedan : Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Cabang Medan berpendapat, ada lima poin penting yang menjadi prioritas dr Terawan, dalam mengemban amanatnya sebagai Menteri Kesehatan (Menkes) RI saat dilantik Presiden Joko Widodo.

“IDI Medan mengharapkan ada lima poinn yang menjadi sorotan dr.Terawan sebagai Menkes yang baru,” sebut Ketua IDI Cabang Medan, dr Wijaya Juwarna, SpTHT-KL kepada fokusmedan.com, Rabu (23/10).

Ia menjelaskan, poin pertama Kemenkes bersama seluruh unsur SDM kesehatan dan Organisasi Profesi Kesehatan di Indonesia untuk mejalankan program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) yang berkesinambungan, berwibawa dan juga berkeadilan.

Selanjutnya, melakukan revitalisasi terhadap Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan, misalnya hanya dijalankan di rumah sakit pemerintah dan puskesmas saja.

“Pelayanan juga hanya di kelas III, kecuali pejabat negara, TNI-Polri, PNS disesuaikan dengan pangkat dan golongannya,” jelasnya.

Harapan lainnya, agar Menkes dapat siaga terhadap potensi bencana dan menghidupkan public safety center (pusat keamanan publik). Kemudian melakukan pendidikan dan pelatihan berkesinambungan bagi SDM Kesehatan dalam upaya menjaga dan meningkatkan kompetensinya.

“Selanjutnya, puskesmas dan posyandu dihidupkan kembali sebagai garda terdepan pelayanan kesehatan masyarakat, sekaligus deteksi dan preventif kasus gizi buruk termasuk cakupan imunisasi,” pungkasnya.(riz)