Indef sesalkan aturan intip rekening ‘obok-obok’ WP dalam negeri

fokusmedan : Direktur Indef, Enny Sri Hartati menilai Peraturan Pengganti Undang-Undang Nomor 1 Tahun 2017 Tentang Akses Informasi Keuangan untuk Kepentingan Perpajakan masih belum jelas targetnya. Sebab, aturan ini tak terlalu gamblang menjelaskan rekening mana yang akan disasar, WNI di luar negeri atau di dalam negeri.

“AEOI kan mensyaratkan keterbukaan info ini kan antarnegara tetapi yang kita lihat yang dirumuskan dalam Perppu informasi yang dikemukakan lebih banyak didominasi untuk kepentingan domestik,” ujar Enny di Kantor INDEF, Jakarta, Kamis (8/7).

“Kita ingat lagi seperti kebijakan Tax Amnesty yang awal mula tujuannya untuk repatriasi, tapi yang terjadi justru yang menjadi objek adalah dana-dana yang ada di domestik,” tambahnya.

Untuk itu, dia meminta agar pemerintah dapat memberikan penjelasan yang lebih lengkap terkait cakupan Perppu Nomor 1 Tahun 2017 ini.

“Jadi ini harus konsisten atau clear dari rumusan yang ada di Perppu dan komitmen pemerintah bahwa Perppu bukan untuk mengejar target pajak, harus konsisten yang tertulis maupun yang ada di Perppu ini,” jelasnya.

Sementara itu, dikutip dari merdeka.com, Peneliti INDEF, Eko Listiyanto mengatakan seharusnya Perppu Nomor 1 lebih menyasar WNI yang menyimpan uangnya di luar negeri bukan malah menyasar penabung domestik.

“Implementasi malah dalam negeri lagi yang diobok-obok bukan luar. Jadi sebetulnya disayangkan kenapa kemudian dari sisi konten lebih menyasar nasabah dalam negeri. Kenapa bukan strategi gimana ambil uang dari luar,” jelas Eko.(yaya)

One thought on “Indef sesalkan aturan intip rekening ‘obok-obok’ WP dalam negeri

  • 23 Juni 2017 at 02:33
    Permalink

    Maintain the good work and delivering in the crowd!
    [url=http://www.ayacara.org/feed/]Maglia Juventus 2017[/url]

    Reply

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *