Ini popularitas e-commerce papan atas ketika Singles Day 2017 lalu

fokusmedan : Pada tanggal 11 November lalu, atau lebih populer ditulis dengan “11.11,” diperingati secara tak resmi sebagai hari ‘Jomblo’ atau Singles Day. Tanggal ini identik dimeriahkan dengan berbagai diskon besar-besaran dari e-commerce yang ada di Asia, termasuk Indonesia.

Beberapa hari lalu kita melihat banyak e-commerce yang ikut berpartisipasi pada momen 11.11 ini, seperti Bukalapak, Lazada, Zalora, Shopee, Blanja, Blibli, Elevenia, dan masih banyak lagi.

Namun dari segi popularitas, siapakah juaranya? Untuk mengetahui, iPrice melakukan riset akan hal ini.

Dalam riset ini, iPrice membandingkan beberapa toko online besar di Indonesia seperti, Bukalapak, Lazada, Shopee, Tokopedia, dan Zalora. Untuk mengukur popularitas toko online ini, iPrice menggunakan data-data yang tersedia di Google Trends.

iPrice membandingkan popularitas toko online berdasarkan waktu dan juga wilayah. Berikut adalah temuan riset ini:

Lazada, Shopee, dan Bukalapak adalah yang terpopuler
Jika diperhatikan dari data Google Trends yang dikumpulkan, ada tiga e-commerce yang berhasil mendominasi popularitas di wilayah-wilayah Indonesia: peringkat pertama Lazada, kedua Shopee, dan ketiga Bukalapak.

Lazada sendiri mendominasi popularitas dari 21 provinsi di Indonesia. Jika kita perhatikan, beberapa minggu sebelum tanggal 11 November 2017, sudah banyak terpampang iklan promosi 11.11 dari Lazada. Mulai dari iklan offline, sampai iklan online. Seperti di media sosial dan juga media online dengan cara melakukan siaran pers untuk mempromosikan pesta diskon ini. Selain itu, Lazada juga aktif menggaet berbagai social media influencers untuk membantu mereka meningkatkan kesadaran masyarakat akan momen besar ini.

Untuk Shopee, e-commerce tersebut mendominasi popularitas dari 11 provinsi di Indonesia, khususnya di Kalimantan dan Sulawesi. Shopee juga menawarkan berbagai macam diskon untuk momentum 11.11. Jika diperhatikan pada website mereka, terpampang besar tulisan “diskon up to 90 percent untuk berbagai macam produk.

Sementara Bukalapak, sama seperti Shopee, juga mendominasi 2 provinsi yang terletak di wilayah timur Indonesia, yaitu Nusa Tenggara Barat dan Maluku Utara. Saat 11.11, Bukalapak juga dengan gencar mempromosikan program “Diskon Sampai Jodoh”

Popularitas Toko Online Berdasarkan Waktu

Jika kita melihat data popularitas berdasarakan waktu yang ada di Google Trends, ada beberapa temuan menarik yang didapat dari riset iPrice.

Pertama, popularitas Lazada meningkat tajam tiap jam 1 pagi, dan puncak popularitasnya pada jam 1 siang. Hal ini dapat terjadi karena banyaknya “flash sale” atau promo yang dilakukan Lazada dalam jangka waktu yang terbatas.

Kedua, popularitas Tokopedia tetap tinggi meski tanpa 11.11. Menurut iPrice, Tokopedia tidak memiliki promo khusus Singles Day, namun dari data Google Trends, popularitas mereka masih tetap tinggi.

Ketiga, Bukalapak dan Shopee bersaing sengit, dan saling menyalip. Jika memperhatikan data di grafik, ada saat popularitas Bukalapak di atas Shopee, dan ada juga Shopee di atas Bukalapak.

Keempat, popularitas e-commerce menurun setelah promo 11.11. Hal ini berarti popularitas toko online di Indonesia mulai kembali normal setelah momentum Singles Day.(yaya)

Comments are closed.