NASIONAL

Inspektorat Kabupaten Deliserdang terima 30 laporan penggunaan dsna Desa bermasalah

fokusmedan : Kepala Inspektorat Kabupaten Deliserdang mengungkapkan penggunaan dana Desa sangat rawan diselewengkan dan itu terbukti dari banyaknya pengaduan masyarakat yang Instansi mereka terima.

“Sampai hari ini sudah ada 30 laporan dari masyarakat yang masuk terkait dugaan penyelewengan dana Desa yang dilakukan Kepala Desa. Meski demikian, semua laporan yang masuk wajib dikroscek kebenarannya,” katanya kepada fokusmedan.com, Kamis (9/8).

Lanjut Agus ,bagi Kepala Desa yang terindikasi melakukan penyelewengan dana Desa diwajibkan mengembalikan uang yang diselewengkannya dengan batas waktu 60 hari, jika tidak akan dilanjutkan ke proses pidana.

Terkait banyaknya masalah laporan dana Desa ini, ia berpendapat masih banyak Kepala Desa yang kurang paham untuk penggunaan dana Desa.

”Sebagai contoh, pada saat membuat Rancangan  Anggaran Biaya pembangunan drainase  dianggarkan ketebalan semen 20 centimeter namun saat dicek  fisiknya hanya 15 centimeter. Untuk itu perlu pembelajaran bagi SDM Kepala Desa,” pungkasnya.(putra)