NASIONAL

Intip Kesiapan Pertamina Layani Kebutuhan BBM di Tol Trans Jawa dan Sumatera

fokusmedan : Tahun ini para pemudik sudah dapat menggunakan dua tol baru yaitu Tol Trans Jawa dan Tol Trans Sumatera. Namun, karena terbilang masih baru, SPBU di kedua jalan tol tersebut masih cukup minim.

Manager PSO Fuel Retail PT Pertamina, Agus Taufik mengungkapkan untuk tol Trans Jawa saat ini sudah ada 40 SPBU. Sementara di tol Trans Sumatera belum ada SPBU permanen.

“SPBU di jalur pantura ada 257, di jalur tol Trans Jawa 40, jalur pansela 519, Sepanjang jalan arteri Sumatera 437, total 1.257 SPBU,” kata dia di Kantor BPH Migas, Jakarta, Selasa (14/5).

Untuk tol Trans Sumatera, Pertamina telah menyiapkan 6 modular pertashop. Di tol Trans Jawa pun modular pertashop disediakan sebanyak 29 buah.

Oleh karena itu, Agus mengimbau agar para pemudik segera mengisi bahan bakar tatkala melihat tempat pengisian. Jangan menunggu bahan bakar kendaraan tinggal sedikit.

“Jangan mentang-mentang ah di depan nanti ada SPBU lagi,” ujarnya.

Selain itu, untuk memenuhi kebutuhan BBM saat periode mudik dan arus balik ini, Pertamina juga telah menyiapkan 200 motor yang siap mengedarkan BBM kemasan di jalur mudik. “Motor kemasan jalur Pantura 100, jalur tol Trans Jawa 50, jalur Pansela 30, Sumatera 20, total 200 motor kemasan,” ujarnya.

Dikutip dari merdeka.com, Pertamina juga menyediakan 11 Kiosk Kemasan Pertamax di jalur Trans Jawa dan 12 di Trans Sumatera. Kemudian ada 5 buah mobile dispenser yang disediakan di jalur Tol Trans Jawa.

Selanjunya, Pertamina juga menyediakan kantong BBM SPBU di jalur Pantura sebanyak 58 buah, jalur tol Trans Jawa 19 buah, jalur Pansela 20 buah dan di Trans Sumatera 18 buah. “Pertamina siaga (tempat istirahat) di jalur Pantura 1, di jalur tol Trans Jawa 8, di jalur Pansela 5 dan di Sumatera 2, total 15,” tutupnya.(yaya)