Ming. Sep 22nd, 2019

Jarak Pandang di Pekanbaru cuma 1 Km Akibat Kabut Asap, Sekolah Diliburkan

fokusmedan : Pemerintah Kota Pekanbaru mengeluarkan instruksi untuk meliburkan anak-anak sekolah. Libur sekolah ini terhitung Selasa (10/9) dan Rabu besok. Sebab, kabut asap semakin pekat, jarak pandang udara di Pekanbaru hanya 1 kilometer.

“Jadi begini, setelah pertimbangan dan hasil rapat, kita liburkan sekolah dua hari. Mulai hari ini, hingga besok,” ujar Sekretaris Daerah Kota Pekanbaru, M Noer saat dihubungi merdeka.com.

M Noer menyebutkan, pihaknya akan kembali menggelar rapat koordinasi Rabu besok untuk menentukan apakah Kamis lusa juga akan diliburkan atau tidak.

“Kita rapat setiap hari, melihat kondisi asap, kalau sekiranya masih tebal diliburkan. Kalau asap mulai berkurang, kita kembalikan anak sekolah,” ucap Noer.

Dalam instruksi Wali Kota Pekanbaru Firdaus, melihat kondisi terkini tentang perkembangan kabut asap yang menyelimuti Kota Pekanbaru atas kebakaran hutan dan lahan di sejumlah daerah, dan setelah menerima saran masukan, serta kajian teknis dari berbagai OPD terkait, maka Walikota Pekanbaru, menginstruksikan kepada Sekretaris Kota Pekanbaru untuk menetapkan libur Sekolah di semua tingkatan di Kota Pekanbaru terhitung Selasa dan Rabu Tanggal 10-11 September 2019.

Dinas Pendidikan juga diminta agar menginformasikan kebijakan yang dibuat Walikota secara berjenjang. Walikota dalam instruksinya juga berpesan agar para orang tua siswa tidak membiarkan anaknya bermain di ruang terbuka.

“Dinas Pendidikan agar sesegera mungkin menginformasikan hal ini secara berjenjang kepada seluruh Kepala Sekolah. Dan kepada para orang tua murid, agar memastikan anak-anaknya tidak berada atau berkeliaran di luar rumah atau ruangan. Apabila beraktifitas di luar ruangan, agar selalu menggunakan masker,”.

“Demikian instruksi ini kami teruskan kepada seluruh jajaran pendidikan dan kami teruskan kepada masyarakat luas, semoga bencana kabut asap ini segera berakhir,” tulis Firdaus.

Dikutip dari merdeka.com, Kasi Data dan Informasi Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Pekanbaru Marzuki mengatakan untuk hari ini kondisi udara Pekanbaru masih diselimuti asap dan memang lebih parah dari hari sebelumnya.

“Hari jarak pandang di Kota Pekanbaru hanya 1 kilometer,” ujar Marzuki.

Dikatakan Marzuki, selain Pekanbaru, 3 kabupaten lain juga diselimuti asap. Wilayah tersebut adalah Indragiri Hulu (Inhu), Dumai dan juga Pelalawan.

“Sedangkan di Inhu, hanya 800 meter. Di Dumai jarak pandangannya 3 Kilometer dan Pelalawan 1,5 Kilometer,” pungkasnya.(yaya)