NASIONAL

Jelang Pencoblosan, Jokowi Kumpulkan Sejumlah Kepala Daerah dan Anggota DPRD

fokusmedan : Tim Kampanye Nasional (TKN) gelar rapat konsolidasi 30 hari menjelang pencoblosan pemilu serentak 17 April mendatang. Seluruh kepala daerah pendukung Jokowi-Ma’ruf dan ketua Tim Kampanye Daerah (TKD) turut hadir dalam rapat digelar di Hotel Sultan, Jakarta Pusat, Minggu (17/3).

Sekretaris Jenderal PDIP, Hasto Kristianto mengatakan, rapat ini akan membahas strategi jelang kampanye terbuka yang dimulai 23 Maret hingga 13 April. Untuk itu pula, Hasto menambahkan calon Presiden petahana, Joko Widodo juga akan memberikan pengarahan dalam rapat konsolidasi ini.

“Ini dilakukan rapat konsolidasi di mana atas permintaan TKN Jokowi-Ma’ruf, seluruh ketua umum partai politik pengusung Jokowi-Ma’ruf, mengundang seluruh kader-kader terbaiknya yang duduk sebagai kepala daerah, wakil kepala daerah, maupun ketua DPRD di tingkat provinsi untuk bersama-sama mendengarkan arahan dari capres Bapak Jokowi dan juga dilakukan berbagai pembahasan terhadap strategi mengingat rapat umum sebentar lagi diselenggarkan,” ujar Hasto.

Hasto menambahkan, gerakan kampanye baik secara langsung (darat) ataupun udara (media sosial) menjadi penentu kemenangan Jokowi-Ma’ruf. Sebab hingga saat ini, menurut Hasto, pasangan capres-cawapres nomor urut 01 itu masih unggul dari Prabowo-Sandi.

Oleh sebab itu, Hasto mengingatkan seluruh pendukung Jokowi-Ma’ruf terus konsisten mempertahankan tren keunggulan tersebut.

“Apresiasi dari rakyat semakin kuat dan mendekati rapat umum kekuatan teritorial dipadukan dari darat, udara menjadi penentu kemenangan Jokowi-Ma’ruf. Karena itulah langkah konsolidasi dari para kader partai di koalisi Indonesia kerja khususnya yang menjabat sebagai kepala daerah, wakil kepala daerah, ketua DPRD ini sangat signifikan untuk makin memperkuat jalan kemenangan,” ujar dia.

Disinggung mengenai daerah prioritas kampanye Jokowi-Ma’ruf saat kampanye terbuka nanti, Hasto menegaskan provinsi terluar Indonesia menjadi prioritas Jokowi. Kendati jumlah pemilihnya sedikit, Hasto mengatakan, justru langkah itu sebagai simbol pemerataan daerah oleh Jokowi.

“Kalau kita lihat kebijakan Pak Jokowi justru mengutamakan membangun dari pinggiran,” ujar Hasto.

Sementara itu, dikutip dari merdeka.com, dalam rapat konsolidasi dibuka pukul 16.30 WIB dan dipimpin langsung oleh Ketua TKN, Erick Thohir. Turut hadir pula Ketua Dewan Pengarah TKN, Jusuf Kalla.(yaya)