Ming. Agu 18th, 2019

JK Sebut Penangkapan Romahurmuziy Berefek pada PPP dan yang Lain

fokusmedan : Ketua Umum Partai Persatuan Pembangunan (PPP), Romahurmuziy, terjaring operasi tangkap tangan (OTT) Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Wakil Presiden, Jusuf Kalla alias JK belum mengetahui persis kejadian itu.

Sehingga, JK belum mau banyak komentar dan menunggu penjelasan KPK. “Saya belum tahu, kita menunggu aja, yang benarnya cukup penjelasan dari KPK. Biar jelas (proses) hukumnya. Tunggu penjelasan dari KPK,” kata JK di Kantornya Jalan Merdeka Utara, Jumat (15/3).

Ketua Dewan Pengarah Tim Kampanye Nasional (TKN) Jokowi-Ma’ruf Amn itu mengatakan, jika hal tersebut benar terjadi akan berdampak ke PPP. Tidak hanya berdampak ke tubuh PPP tetapi juga akan berdampak ke partai koalisi lain.

“Ya pastilah, terutama efeknya PPP. Kalau PPP efek yang lain juga punya efek. Pasti,” kata JK.

Sebelumnya Komisi Pemberantasan Korupsi(KPK) dikabarkan melakukan operasi tangkap tangan terhadap Ketua Umum Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Romahurmuziy (Rommy), Jumat (15/3). KPK dikabarkan menangkap Rommy di Sidoarjo.

Kabid Humas Polda Jatim Kombes Pol Frans Barung Mangera membenarkan kabar penangkapan Romahurmuziy atau yang akrab disapa Rommy. Tim Satgas Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mengakui menciduk Ketua Umum partai politik (Parpol) dalam operasi tangkap tangan (OTT).

Ketua KPK, Agus Rahardjo, juga membenarkan penyidik melakukan OTT di Jawa Timur. Mereka yang ditangkap saat ini menjalani pemeriksaan di Mapolda Jatim.

“Betul ada giat KPK di Jatim, saat ini sidang dilakukan pemeriksaan oleh KPK bertempat di Polda Jatim,” kata Agus saat dikonfirmasi awak media, Jumat (15/3).

Namun dikutip dari merdeka.com, Agus belum mau mengungkap lebih jauh siapa saja yang ditangkap dan OTT terkait kasus apa. Dia mengatakan, KPK akan memberikan penjelasan selambat-lambatnya malam ini atau besok pagi.

“Statusnya akan ditentukan sesuai KUHAP setelah selesai pemeriksaan. Tunggu konpers lanjutannya di KPK nanti malam atau besok pagi,” kata Agus.(yaya)