Jonathan Rea sindir perpindahan rider MotoGP-WorldSBK

fokusmedan : Pebalap Kawasaki Racing Team sekaligus juara WorldSBK 2015-2016, Jonathan Rea menyindir “sistem” perpindahan pembalap MotoGP dan WorldSBK, yang menurutnya tidak berimbang. Uneg-uneg ini disampaikan Rea kepada Radio Marca di sela WorldSBK Aragon, Spanyol akhir pekan lalu.

MotoGP dan WorldSBK dinilai sebagai dua kejuaraan balap motor paling bergengsi di dunia, namun perbedaan regulasi teknis membuat kompetisi WorldSBK kerap diremehkan. Padahal, menurut Rea, WorldSBK memiliki line up pembalap yang tak kalah bertalenta dengan MotoGP.

Rea yakin rider papan atas WorldSBK sangat layak mendapat slot tim pabrikan di MotoGP, namun kenyataannya rider-rider ini selalu mendarat di tim-tim satelit, seperti Ben Spies (Monster Yamaha Tech 3 2010), Cal Crutchlow (Monster Yamaha Tech 3 2011) dan Loris Baz (Forward Yamaha 2015).

Hal sebaliknya dikutip dari merdeka.com,  justru terjadi pada rider MotoGP yang hijrah ke WorldSBK, di mana kebanyakan justru mendapat kenikmatan membela tim-tim pabrikan, seperti Max Biaggi (Suzuki 2007), Marco Melandri (Yamaha Sterilgarda 2011), Nicky Hayden (Honda Pro Racing 2016) dan Stefan Bradl (Honda Pro Racing 2017).

“Sulit membandingkan WorldSBK dan MotoGP, karena rider MotoGP selalu datang ke WorldSBK membela tim pabrikan. Sementara saat rider WorldSBK pergi ke MotoGP, mereka hanya punya peluang di tim satelit,” ujar Rea, yang tak pernah turun di Grand Prix kecuali saat membela Repsol Honda di MotoGP San Marino dan Aragon, Spanyol 2012 demi menggantikan Casey Stoner yang cedera.

Rea dan tandemnya, Tom Sykes, serta rider Aruba.it Ducati, Chaz Davies merupakan rider yang kerap mendapat tawaran hijrah ke MotoGP, namun ketiganya kompak menolak tawaran yang berasal dari tim satelit. Ketiganya mengaku lebih senang bertahan di WorldSBK yang kompetisinya lebih sengit.

“Selalu ada peluang bagi rider MotoGP untuk datang ke WorldSBK, tapi saya rasa memang lebih baik bertahan di MotoGP saja dan tampil sebaik mungkin sebelum pindah ke WorldSBK. Hal yang saya suka dari WorldSBK adalah begitu banyak motor dari berbagai pabrikan berbeda. Ini menyenangkan bagi kami,” pungkas Rea.(yaya)

Comments are closed.