NASIONAL

Kapolda Sumut: Harga dan stok bahan pangan masih stabil

fokusmedan : Kapolda Sumatera Utara (Sumut) Irjen Pol Agus Andrianto melakukan inspeksi mendadak (sidak) ke sejumlah pasar di Medan, untuk memantau harga dan kebutuhan stok di pasar, Selasa (9/10).

Amatan fokusmedan.com, sidak itu dilakukan di Pusat Pasar Medan, Pasar Petisah, serta pasar buah Brastagi Tiara, dengan didampingi langsung oleh Wakapolda dan sejumlah Pejabat Utama (PJU) Polda Sumut, Walikota Medan dan jajaran, juga Kapolrestabes Medan.

Dari hasil sidak yang dilakukan, untuk harga bahan pokok masih relatif stabil. Kenaikan harga hanya ditemukan pada komoditi cabai saja, yakni dari harga Rp 26 ribu menjadi Rp 40 ribu.

“Kemungkinan karena dua minggu terkahir musim hujan. Tapi nanti akan kita cari tahu, apakah memang benar karena hujan, atau rada hal-hal yang lain. Itu nanti kita telusuri,” ungkapnya.

Untuk ketersediaan pangan, stok juga masih stabil dan ketersediaannya cukup hingga 3 bulan mendatang.

“Hari ini, malah untuk cadangan beras tersedia sampai 100 ribu kg,” jelasnya.

Kendati begitu, Agus mengimbau kepada para pedagang agar selalu mempedomani Harga Eceran Tertinggi (HET) dan jangan lagi ada yang menimbun bahan pokok, karena tentu akan ditindak.(riz)